4 Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menyambut Lebaran

Waaah … tinggal hitungan hari aja nih lebarannya. Apa saja yang sudah sahabat persiapkan untuk menyambut lebaran? Kalau satu bulan terakhir ini, prioritas kita adalah menyambut bulan suci ramadan, maka di minggu terakhir biasanya teralihkan dengan persiapan menyambut lebaran. Tapi jangan lupa, yaaa … beribadah 10 hari terakhir di bulan ramadan pahalanya sangat besar. Jadi jangan sampai karena terlalu semangat menyambut lebaran, justru kewajiban kita terabaikan. Semoga tidak.

Nah, untuk menyempurnakan menyambut lebaran. Sahabat perhatikan beberapa hal berikut ini, ya:

1. Ruang Tamu
Lebaran identik dengan tamu, dong. Saling bersilaturahmi antar keluarga, saudara, dan tetangga. Sebagai tuan rumah yang baik, kita wajib memuliakan tamu. Minimal dengan menyiapkan tempat terbaik bagi tamu kita. Biasanya orang akan membersihkan seluruh bagian rumah, terutama ruang tamu. Cuci karpet dan gorden, bersihkan sofa, dan beri sedikit sentuhan warna baru pada cat dinding tembok agar terlihat makin segar.

2. Bersihkan Halaman Rumah
Walau tamu hanya beberapa saat melewati halaman rumah, setidaknya saat mereka akan memasuki rumah kita, pandangan matanya tidak akan terganggu oleh rumput liar apalagi ilalang yang ada di halaman rumah. Jadi bersihkan halaman dari hal-hal yang mengurangi keasrian rumah.

Baca juga:

3. Kamar Mandi atau Toilet
Selain ruang tamu, kamar mandi menjadi hal yang wajib dibersihkan. Jangan hanya menjelang lebaran, setidaknya bersihkan kamar mandi setiap seminggu sekali. Gosok semua lantai dan bak kamar mandi hingga tidak ada debu yang menempel pada dindingnya, dan pastikan tidak ada pakaian kotor yang menggantung di dalam kamar mandi. Jadi, jika ada tamu yang menumpang buang hajat kita tidak akan malu mempersilakan.

4. Toples Kue dan Suguhan
Untuk sebagian orang, yang wajib dibeli saat hari raya adalah baju baru. Namun yang tidak kalah penting adalah menyiapkan kue-kue lebaran. Bagi yang suka membuat kue lebaran sendiri, minggu-minggu terakhir akan disibukkan dengan membuat aneka kue lebaran, seperti nastar, putri salju, kastengel, dan lain-lain. Untuk menghemat pengeluaran, bersihkan toples bekas kue lebaran tahun lalu agar tidak membelinya lagi. Bersihkan juga gelas untuk suguhan minuman tamu para sahabat.

Nah, siap menyambut lebaran? Jangan lupa bayar zakat fitra, yaaa

6 Comments

  1. hani

    aku dong…ngecat pagar. Tapi belum siap toples kue dan suguhan…

    Reply
  2. Wiwid Vidiannarti (Post author)

    Wuiiissh … mantap euy.
    Masih ada hari ini untuk nyiapin toples plus isinya 😀

    Reply
  3. Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Semuanya bener bangettt bun. Tapi, karena saya jauhhh dari keluarga. Jadi, belum nyelesain semua list di atas maklum saya dan keluarga kecil saya mudik dan bagian yang mendatangi hihihi

    Reply
  4. Anggraeni Septi

    Toplesnya belum beli nih. Kuenya udah ada. Makasih udah diingatkan hihi

    Reply
  5. Indira

    Yeaaay udah semua kami Mbak Wiwid tinggal silaturahmi ke keluarga besar di hari H.

    Reply
  6. lindaleenk

    Aku kapan aja selalu bersih-bersih sih :))
    kayaknya ga terlalu ngaruh mau lebaran atau engga

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.