Tips Mudik Asyik ala Sahabat Pena

Wah, nggak terasa, ya, bentar lagi sudah lebaran. Antara sedih karena berpisah dengan bulan ramadan, dan rasa seneng bisa kumpul bareng keluarga besar di kampung. Nah, agar Sahabat Pena mudik tetap berjalan asyik, yuk, simak tips berikut ini:

  1. Perhatikan Kondisi Kendaraan.

Bagi yang mudik naik pesawat atau angkutan umum lainnya, tahap pertama boleh dilewati, ya. Sementara untuk Sahabat Pena yang lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa periksa kondisi kendaraan, Sahabat. Bila perlu lakukan servis kendaraan sebelum mudik. Bawa serta ban serep, bagi yang membawa mobil, dan perkakas lainnya guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu kendaraan mogok di jalan.

  1. Bawa Kartu Identitas dan Surat-surat Kendaraan
    Biasanya menjelang hari raya, selalu ada pemeriksaan identitas dan surat-surat kelengkapan kendaraan. Apalagi bagi yang keluar-masuk Bali. So, jangan sampai ketinggalan agar perjalanan kalian tidak terhambat.
  1. Persiapkan Kotak P3K.
    Semoga perjalanan Sahabat selalu lancar dan selamat sampai tujuan. Amin. Namun, tidak ada salahnya jika kalian menyiapkan kotak P3K untuk berjaga-jaga bila dalam perjalanan membutuhkan pertolongan pertama.
  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman.
    Karena perjalanan yang cukup panjang, sebisa mungkin untuk memakai pakaian yang nyaman dipakai. Mulai dari model dan bahan, agar tidak merasa gerah dan makin lelah di perjalanan.
  1. Bawa Peta atau GPS.
    Kalau peta mungkin sudah agak jadul, ya, untuk zaman now. Pastikan GPS di gadget kalian tidak bermasalah, sehingga bisa kembali ke jalan yang benar dan tidak nyasar he he he.
  1. Bawa Bekal Makanan.

Upz, kan lagi puasa, kok bawa bekal makanan? Sebagai antisipasi saja, siapa tahu saat tiba waktunya berbuka puasa, Sahabat Pena sedang terjebak macet atau pas lagi jauh dari rumah makan. Lumayan bisa berhemat.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Krispi ala Recheese

Baca juga: Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli yang Enak

  1. Bawa Baju dan Oleh-oleh Secukupnya.
    Ini nih yang biasanya kalap. Pulang hanya 2 minggu, tapi masing-masing keluarga bawa 2 koper baju ganti. Maksudnya mau pindahan apa mau mudik, sih? Hi hi hi
    Bijaklah membawa baju ganti, cukup seperlunya saja. Toh tidak akan semuanya sempet kamu pakai, kan. Begitu juga dengan oleh-oleh.
  1. Bawa Diri.
    Semua persiapan sudah siap. Hal terakhir yang harus disiapkan adalah diri kita. Pastikan kondisi keluarga dalam keadaan sehat dan fit. Jangan tidur terlalu malam saat menjelang mudik. Biasanya sehari sebelum pulang kampung malah tidak tidur semalaman. Hindari itu, ya, Sahabat. Agar perjalananmu tetap asyik.

Yuk, mulai persiapkan mudik asyik kalian. Hati-hati di jalan, jangan lupa berdoa semoga selamat sampai tujuan. Minal Aidhin walfaizin … Mohon Maaf lahir dan Bathin.

 

 

14 Comments

  1. Dian Restu Agustina

    Setuju semua tipsnya. Apalagi yang pertama.. Jangan sampai kendaraan dalam kondisi kurang prima sehingga mogok dijalan seperti yang banyak saya temui saat jalan mudik kemarin.

    Kasihan banget jadi terhambat perjalanan gara-gara kendaraan enggak disiapkan.

    Reply
  2. Wiwid Vidiannarti (Post author)

    Iya, Mak. Kalo mogok pas di perkampungan sih masih mending, kalau pas di tengah jalan yang nggak ada rumah penduduk … ngeri-ngeri sedap jadinya hihihi

    Reply
  3. Dwi Arum

    Betul semantap apapun persiapan kita, tetap meminta perlindungan Allah Swt adalah yang utama.

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Bener banget, Mbak.

      Reply
  4. Sunarti kacaribu

    Saya mudik belum pernah jalan darat mbak, kampung nya jauh kudu naik pesawat

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Persiapannya lebih ke isi dompet kalo gitu, ya? hihihi

      Reply
  5. hani

    Dulu waktu ortu masih ada, mudikku ke Jakarta. Melawan arus. Beberapa kali mati AC uy. Halah…panasnyooo…

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Saat orang-orang ninggalin Jakarta, mbak Hani mudiknya ke Jakarta … weleeeh enak itu bisa menikmati ibu kota tanpa macet πŸ˜€

      Reply
  6. Bety Kristianto

    Hihihi poin kelima kirain bakalan ditulis: jangan sampe lupa kalau mau mudik. Takutnya saking keasyikan persiapan, pas hari H malah molor wkwkwkwk…

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Hahahah sibuk prepare eh malah lupa tanggal gitu, yak? Alamaaak

      Reply
  7. Anggraeni Septi

    Eh iya ya. Bawa kotak P3K Kogh kadang gk kepikiran ya. Hmm. Makasih mbak tipsnya mbak. πŸ™‚

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Sama-sama, Kakak. Semoga mudiknya lancar yaaa

      Reply
  8. Eni Rahayu

    Siip… Makasih diingatkan ya bun… Kebetulan mudik saya deket tapi butuh persiapan juga. Hehe

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Asyiiik … kalo deket bisa sering-sering mudik, yo, mbak?

      Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.