5 Manfaat Madu Bagi Ibu Yang Sedang Menyusui

Ibu menyusui biasanya akan merasa ragu pada saat akan mengonsumsi makanan tertentu, mereka khawatir jika makanan yang dikonsumsinya akan berpengaruh terhadap kesehatan si kecil. Salah satunya adalah pada saat ibu menyusui harus mengonsumsi madu.Pasalnya adanya beberapa ahli yang mengatakan jika bayi yang masih berusia dibawah satu tahun memang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi madu terlebih dahulu karena dapat berisiko menyebabkan botulisme. Botulisme ini adalah sebuah kondisi serius yang dapat mengancam jiwa, dimana kondisi ini disebabkan oleh bakteri clostridium botulinum.

Seringnya muncul pertanyaan dari para ibu hamil dan menyusui, apakah aman mereka mengonsumsi madu? Menurut ahli pediatri BabyCenter sekaligus coordinator laktasi American Academy of Pediatrics cabang Rhode Island yaitu Laura R Viehmann mengatakan, jika madu aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Lalu bagaimana dengan risiko botulisme yang kemungkinannya akan dialami bayi setelah ibunya mengonsumsi madu?

Sistem pencernaan yang dimiliki bayi pada dasarnya berbeda dengan yang dimiliki orang dewasa.Dimana bayi memiliki saluran pencernaan yang belum mempunyai kemampuan untuk melawan bakteri penyebab botulisme yang ada didalam madu. Sehingga akan dapat masuknya bakteri dari usus besar ke saluran usus, lalu akan menyebar, dan akan melepaskan neurotoksin botulinum. Tetapi seorang ibu telah memiliki keasaman lambung yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut, jika madu yang dikonsumsi telah terkontaminasi. Sehingga tidak akan adanya risiko bakteri yang menyebabkan terjadinya botulisme untuk diteruskan ke bayi melalui ASI.

Seperti yang telah kita ketahui jika adanya ratusan zat alami yang terkandung didalam madu seperti asam folat, natrium, enzim, kalsium, vitamin, mangan, zat besi, dan juga mineral yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.Madu sejak dulu memang sudah sering dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui.Pasalnya madu tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh mereka. Bagi ibu hamil sendiri, madu dapat dimanfaatkan untuk mempermudah membuka jalannya keluar bayi sehingga dapat membantu proses persalinan.Tetapi tidak hanya ibu hamil saja,karena ibu menyusui juga dapat memanfaatkan madu. Lalu manfaat madu untuk ibu menyusui itu apa saja?

Berikut 5 manfaat madu bagi ibu yang sedang menyusui di antaranya yaitu:


´╗┐Dapat Memberikan Zat Anti Kuman

Adanya kandungan didalam madu yang bisa meningkatkan ketahanan tubuh baik pada bayi ataupun pada ibu menyusui, sehingga nantinya tubuh bayi dan ibu akan tahan terhadap berbagai penyakit. Pada saat ibu menyusui mengonsumsi madu, maka madu tersebut akan dapat memberikan zat anti kuman pada kandungan ASI. Oleh karena itu sangat dianjurkan ibu menyusui untuk mengonsumsi madu setiap harinya minimal 6 sdm.

Dapat Mencukupi Kebutuhan Gizi Bayi  

Beberapa hasil penelitian di Jepang mengatakan jika sangatlah banyak manfaat dari madu yang bisa diambil ibu menyusui.Salah satu manfaat yang bisa diambil dari madu ini adalah dapat memperbanyak jumlah antibody didalam ASI. Sehingga pada saat ibu menyusui sering mengonsumsi madu, maka akan tercukupinya kebutuhan gizi bayi dan juga dapat menjaga ketahanan tubuh bayi.

Dapat Mengobati Peradangan Bayi

Seringkali bayi mengalami radang tenggorokan. Biasanya radang tenggorokan tersebut disebabkan oleh jamur.Untuk dapat menyembuhkan peradangan pada bagian mulut bayi, cukup dengan mengoleskan madu yang sudah dicampur dengan air putih pada bagian mulut bayi tersebut.

Dapat Membantu Pada Masa Nifas

Ibu pastinya akan mengalami masa-masa nifas setelah melahirkan. Ibu akan mengalami masa nifas selama kurang lebih 40 hari dan selama itu akan dikeluarkannya darah sama seperti pada saat haid. Tetapi ibu tidak perlu khawatir karena hal tersebut umum terjadi.Keluarnya darah selama masa nifas ini adalah sebagai bentuk pembersihan dan pemulihan kembali rahim ibu. Oleh karena itu untuk mempercepat proses penyembuhan rahim, maka sebaiknya ibu mengonsumsi madu. Pasalnya madu kaya akan vitamin dan anti bacterial yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan rahim.


Akan Memberikan Khasiat Pada Masa Menyusui

Akan dibutuhkannya asupan alami oleh bayi yang baru lahir dari ibunya yaitu ASI atau Air Susu Ibu.Jika dibandingkan dengan nutrisi-nutrisi yang lainnya, ASI adalah nutrisi paling penting dan yang paling baik untuk bisa memenuhi kebutuhan bayi. Tetapi seringkali kurangnya ketersediaan produk ASI ini akan membuat ibu-ibu yang baru saja melahirkan akan merasa stress, karena tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, penggunaan madu murni ini dipercaya dapat memperlancar keluarnya ASI. Selain itu dengan mengonsumsi madu juga maka akan diberikannya kandungan zat anti kuman pada ASI, sehingga akan terlindunginya daya tahan tubuh bayi dari jamur atau bakteri pada saat mendapat asupan ASI. Serta penggunaan madu tersebut akan dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah bayi.

Meski mengonsumsi madu ini terbilang aman, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah sebelum mengonsumsi madu selama masa menyusui,harus mencuci tangan terlebih dahulu secara keseluruhan. Semoga bermanfaat, ya, Mak.

Follow My Social Media

18 Comments

  1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

    test

    Reply
  2. dewi apriliana

    Oww..jadi untuk meminimalisir kemungkinan pengaruh buruk dari konsumsi madu saat hamil /menyusui adalah dengan mencuci tangan secara keseluruhan. Madu sudah menjadi persedian yang sellau ada di rumah kami. Alhamdulillah belum pernah mengalami hal buruk karena mengkonsumsinya. Semoga makin banyak ya yang mngetahui manfaat madu.

    Reply
  3. tika

    Siap kakak, terima kasih infonya. Saya penggemar madu juga

    Reply
  4. Dhika Suhada

    Selain bagus untuk busui, ternyata baik juga untuk pemulihan rahim ya mbak. Baru tau deh saya.

    Reply
  5. bunda

    Saya pernah mbak kasih madu ke anak saya saat bayi, hehehe, anak saya jadinya kayak gatal2 gitu, kayaknya dia alergi deh, barulah saya tahu kalau bayi gak boleh dikasih madu, hhihihi

    Reply
  6. steffifauziah

    Emang banget ya madu tuh menjadi salah satu obat. Buat apa aja bisa, Masyaallah. Tapi saya baru tau ttg ASI ini. Makasih banyak bun sharingnya, nanti diinget2 untuk konsumsi madu pas menyusui, hihi

    Reply
  7. Dwi

    Masya Allah, nggak ragu deh soal manfaat madu karena juga disebutkan dalam Alquran.

    Reply
  8. hani

    Kami juga selalu sedia madu di rumah. Manfaatnya sudah terbukti. Favorit siiih madu kelengkeng. Hehe…Harus teliti juga, belinya madu yang asli.

    Reply
  9. Damar Aisyah

    Kalau aku selain harus dalam kondisi bersih, usahakan memilih madu murni, kemudian diminum dengan sendok plastik, bukan sednok aluminium. YA begitu deh kata penjual madu murni. Soalnya jika dengan sendok aluminium khawatir ada reaksi kimia.

    Reply
  10. Yanti Ani

    Jadi untuk lebih amannya madu dikonsumsi oleh ibunya ya, sedangkan untuk si bayi tidak boleh karena ada resiko botulisme? Begitukah, kesimpulannya?

    Reply
  11. Bety Kristianto

    Madu itu ibarat ratunya obat alami ya mba. Banyak banget manfaatnya. Cuma ya PR nya itu nyari madu yang bener-bener sehat dan alami, blm banyak campuran.

    Reply
  12. Evalina

    Wow, baru tahu sekarang….anak-anak sudah besar-besar. Kalau tahu dulu, pasti aq minum madu untuk ketahanan tubuh ibu dan bayi, tx ya sharingnya

    Reply
  13. Sunarti kacaribu

    Keluarga saya dan madu adalah sahabat sejati mbak, haha… Kami selalu bersama sama

    Dirumah dan kalo pun jalan jalan keluar kota,madu gak pernah lupa di bawa. Alhamdulillah belum pernah ngalami efek buruk setelah konsumsi madu.

    Reply
  14. Qoty Intan Zulnida

    Wah Ternyata banyak juga yaaa manfaat Madu Ini untuk ibu menyusui. Dikirain manfaatnya Secara umum aja. Masya Allah Bolehlah ini dicoba jika kelak punya bayi lagi

    Reply
  15. Megha

    MasyaAllah banyak banget yah manfaat madu. Pantesan aja si madu jadi salah satu yang dibahas di Al-Quran karna emang kaya akan manfaat dan faedah buat kesehatan terutama busui yah. Makasi infonya moms

    Reply
  16. liesdiana yudiawati

    Madu selain rasanya enak, banyak juga manfaatnya. Perlu ada disetiap rumah

    Reply
  17. Erny Kusumawaty

    Lengkap mba…kirain madu untuk kesehatan terkait letih dan lesu saja. Ternyata buat ibu menyusui juga bisa. Wah baru tahu…thx mb infonya

    Reply
  18. anggraeni septi

    Wah ternyata banyak banget ya manfaat madu. Dirumah ada madu tapi sering nganggur, gak ada yang minum hiks. Setelah tau ini harus rajin lagi minum madu.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.