6 Tips Ampuh Dalam Membeli Mobil Baru

Membeli mobil baru semisal harga mazda cx30 memang akan membutuhkan komitmen dan pengaturan keuangan dalam jangka panjang. Dalam membeli mobil, cobalah untuk tidak terlalu percaya pada janji manis penjualan. Tetapi kakak dapat meninjau lebih lanjut tentang mobil yang ingin kakak ketahui keuntungannya, fitur, dan kekurangan.
Berikut ini adalah tips yang bisa kakak jadikan referensi:

1. Cari Sebanyak Mungkin Informasi Produk

Sebelum membeli mobil, kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang mobil baru yang kakak inginkan. Kakak dapat membaca dan mempelajari merek mobil yang tidak sulit dirawat, lalu tersedia bengkel di mana-mana. Kemudian bandingkan satu per satu dengan varian, opsi penawaran, fitur, dan tentu saja harga mobil. Memiliki informasi tentang 2 atau 3 mobil yang telah menjadi daftar mobil pilihan kakak, akan lebih baik daripada hanya memiliki 1 pilihan.

Pilih kendaraan yang sudah sesuai dengan kebutuhan dan uang yang kakak miliki.

2. Tentukan Anggaran untuk Membeli Mobil Baru

Jika menginginkan mobil pabrikan seperti Toyota, Daihatsu, Honda, atau merek lain. Maka, persiapkan terlebih dahulu seperti melihat harga mobil yang kakak inginkan. Tapi jika ingin membeli mobil dengan sistem kredit, pastikan kakak punya uang setiap bulan untuk disetor ke layanan pinjaman. Intinya adalah memastikan bahwa penghasilan kakak dalam satu bulan cukup untuk membayar biaya angsuran untuk mobil, biaya untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari.

3. Undang Teman yang Mengerti Mobil

Untuk tips yang satu ini ditujukan bagi wanita atau orang yang kurang mengerti tentang kendaraan. Bukan tentang kemampuan wanita untuk memilih dan membeli mobil sendiri, tetapi dalam banyak kasus, wanita yang membeli mobil akan menghabiskan lebih banyak uang dari perjanjian pembelian kendaraan. Jadi undanglah kerabat atau teman yang memiliki pengalaman dalam membeli mobil baru untuk pertama kalinya.

4. Jangan Berbicara Tentang Uang

Ketika hendak membeli mobil, cobalah untuk tidak membicarakan kemampuan atau rencana budget kakak. Jika salesman bertanya tentang anggaran atau keuangan untuk membeli mobil, lebih baik meminta spesifikasi mobil yang kakak butuhkan. Karena tidak sedikit salesman atau penjual yang mencoba memanupilasi sehingga kakak membayar lebih untuk mobil yang kakak inginkan.

5. Salesman Bukan Teman

Perlu kakak ingat, wiraniaga atau kebanyakan orang merujuk sebagai wiraniaga dilatih untuk berbicara semenarik dan semulus mungkin dengan tujuan mendapatkan klien atau calon pembeli. Namun sebenarnya bukan hanya salesman yang ingin mendapatkan keuntungan lebih, terkadang bisa terjadi oleh teman kita sendiri.

Ketika akan membeli mobil kemudian kakak tidak suka dengan perilaku salesman karena mungkin bahasanya kurang menyenangkan, dan hal-hal lainnya. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada manajer penjualan ruang pamer.

6. Hitung biaya perawatan dan pertahankan

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, selain informasi dari teman dan media lain, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dealer onderdil untuk mengetahui harga dan seberapa mahal onderdil yang digunakan mobil pilihan kakak. Memang, harga suku cadang kendaraan roda empat bervariasi, dari yang memiliki harga murah hingga harga yang cukup mahal. Cobalah untuk mempertimbangkan masalah penting ini untuk menanyakan tentang suku cadang sehingga ketika mobil mengalami masalah, kakak telah menyiapkan biayanya.

Nah, demikian 6 tips ampuh dalam membeli mobil baru. Semoga artikelnya bermanfaat dan kakak dimudahkan serta dimurahkan untuk membeli mobil baru. Aamiin.

Follow My Social Media

6 Comments

  1. Ulfah Wahyu

    Aamiin… saya aminkan deh Mbak, hehehe. Memang harus pandai-pandai dalam memilih mobil. Terkadang kita lupa dengan kemampuan finansial. Hanya karena tertarik dengan modelnya, jadi malah melebihi budget.

    Reply
  2. Syamsidar

    Aamiin.. Mudahan bisa membeli mobil. Yang paling perlu dipahami, membeli mobil bukan hanya untuk mobilnya, suku cadang dan pajak setiap tahun lumayan juga.

    Reply
  3. hani

    Poin ke 6 penting tuh untuk jangka panjang. After sales service dan suku cadang perlu diperhitungkan, supaya engga jebol anggaran kalau ternyata mahal banget. Jangan lupa juga, bengkelnya ada di kota tempat kita tinggal.
    Makasih sharingnya Mbak…

    Reply
  4. Damar Aisyah

    Tips-nya wajib diaplikasikan nanti, kalau mau beli mobil. Sementara simpen dulu aja, kadung nyaman naik grab, hehe.

    Reply
  5. Bety Kristianto

    Tipsnya asoi mba, manteb dan cucok buat kita yang mau nambahim koleksi mobil di rumah eheheheh. Thanks yak

    Reply
  6. Yuni Bint Saniro

    Nice tips kakak. Semoga bisa segera saya terapkan. Aamiin Ya Rabb.

    Hehehe

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.