Beberapa Penyakit yang Terjadi Ketika Terganggunya Sistem Sirkulasi Darah

Di dalam sistem sirkulasi darah manusia adanya 3 komponen penting, dimana ketiga komponen tersebut akan saling berkaitan satu sama lainnya. Ketiga komponen tersebut adalah jalur atau jalannya penerimaan dan pengangkutan kembali darah dari seluruh tubuh ke seluruh tubuh. Ketiga komponen utama didalam sistem sirkulasi darah manusia ini yaitu:

Pembuluh Darah

Ini merupakan sebuah pipa elastis untuk peredaran darah. Pembuluh darah inilah yang nantinya akan membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lainnya atau sebaliknya. Dan pembuluh darah ini juga terdiri dari 3 macam yaitu Vena, Arteri, dan Kapiler.

Jantung

Jantung ini merupakan organ yang paling penting di dalam sistem sirkulasi darah manusia. Dimana jantung ini akan bekerja untuk memompa dan menerima darah keseluruh tubuh. Jantung ini letaknya berada di tengah dada atau terletak diantara paru paru. Adanya 4 ruang terpisah didalam jantung yang dipisahkan oleh 4 buah katup. Keempat katup tersebut berfungsi untuk menjaga aliran darah supaya mengalir ke jalan yang benar. 

Darah

Rata rata darah yang ada di dalam tubuh manusia itu sekitar 4 hingga 5 liter. Dimana fungsi dari adanya darah ini adalah untuk mengangkut nutrisi, hormone, oksigen, dan berbagai zat lainnya. Oleh karena itu adanya darah didalam tubuh manusia ini sangatlah penting, manusia akan merasakan adanya masalah didalam tubuhnya ketika mengalami kekurangan darah. Adanya beberapa komponen penting didalam darah seperti sel darah merah atau eritrosit, plasma darah, keping darah atau trombosit, dan sel darah putih atau leukosit.

Ketika sistem peredaran darah kamu mengalami gangguan maka pastinya hal tersebut akan memberikan dampak pada fungsi tubuh secara menyeluruh. Kondisi tersebut pastinya akan menyebabkan organ tubuh mengalami kerusakan dan bahkan menyebabkan berbagai macam penyakit yang serius. Berikut beberapa penyakit yang paling umum terjadi ketika terjadinya gangguan pada sistem sirkulasi darah pada manusia diantaranya yaitu :

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan akan bekerja lebih kerasnya jantung untuk memompa darah. Jika hipertensi ini terus dibiarkan tanpa diobati dengan segera maka kemungkinannya dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung , stroke, hingga gagal ginjal.

Aneurisma Aorta 

Aneurisma Aorta ini merupakan penggelumbangan pada dinding aorta. Aorta ini sendiri merupakan pembuluh darah utama dan paling besar pada tubuh manusia. Semakin membesarnya Aneurisma nantinya bisa pecah dan menyebabkan perdarahan dan bahkan kematian. 

Aterosklerosis

Aterosklerosis ini merupakan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah yang terjadi karena adanya penumpukan lemak, kolesterol, dan zat sisa lainnya pada dinding pembuluh darah arteri. Lambat laun kondisi yang seperti ini nantinya akan menyumbat aliran darah, yang pada akhirnya resiko serangan jantung dan stroke akan meningkat.


Penyakit Jantung

Penyakit jantung ini merupakan istilah yang meliputi setiap gangguan pada jantung seperti aritmia, arteri coroner, gagal jantung, kardiomiopati, serangan jantung, dan penyakit lainnya. 

Varises

Varises ini merupakan pembuluh darah vena yang membengkak dan terlihat menonjol pada permukaan kulit. Terjadinya varises ini disebabkan karena darah yang seharusnya mengalir ke jantung, justru akan kembali lagi ke kaki. Pasalnya tidak berfungsi dengan benar katup vena untuk mengangkut darah ke jantung. Sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan yang akan membuat semakin membesarnya pembuluh darah vena. 

Itulah 5 penyakit yang terjadi ketika terganggunya sistem sirkulasi darah. Kita semua bisa hidup hingga saat ini berkat adanya darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. 

Follow My Social Media

7 Comments

  1. Yulie

    Makasih infonya… jadi apa yang harus dilakukan agar sirkulasi darah lancar?

    Reply
  2. Dwi

    Nah, penting menjaga pola hidup sehat ya agar sirkulasi tubuh berjalan optimal.

    Reply
  3. Dian Restu Agustina

    Masya Allah, aku bayangin ada 4-5 liter darah di tubuh kita. Akhirnya jika ada penyakit mengganggu sistem sirkulasi darah jadi fatal!
    TFS, Mbak

    Reply
  4. hani

    Dari deretan penyakit di atas, aku varises. Baru tahu kalau itu penyakit, kukira kelemahan aja. Sejak SMP malah aku varises. Sekarang yaaa makin lebar. Engga bisa diapa-apain. Salep-salepan itu engga ada efeknya. Yawda asal engga berdiri terlalu lama aja, biar engga pegel…

    Reply
  5. Tatiek Purwanti

    Wah, saya pernah kena varises pas lagi hamil dulu. Ternyata sebabnya begitu, ya. Sekarang sih sudah pulih, alhamdulillah. Kalau penyakit lainnya, moga-moga ga kejadian, nauzubillah… Sehat itu nikmat 🙂

    Reply
  6. Damar Aisyah

    Keluargaku ada keturunan hipertensi. Kayaknya aku pun punya potensi. Makanya sekarang sudah mulai jaga diri, sudah terasa sih, kalau lembur beberapa kali gitu tengkuk langsung sakit, biasanya trus tekanan darah naik.

    Reply
  7. Yuni Bint Saniro

    Karena hidup itu adalah berkesinambungan. Maka, bagian tubuh juga begitu. Jika ada masalah di salah satu bagian, maka akan menjadi masalah pada bagian yang lain. Begitu ya kak?

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.