Ingin Ucapkan Bye Mata Kering? Bawa Selalu Insto Dry Eyes

Zaman Old dan Zaman Now

Saya tuh beruntung banget karena bisa merasakan hidup di dua zaman, dengan kemajuan teknologi yang berbeda sangat pesat. Masa kecil saya dulu, masih sempat melakukan serunya permainan congklak alias dakon, atau juga main gobak sodor di lapangan. Sementara saat ini, masih diberi kesempatan bisa me-refresh pikiran dengan sesekali game online lewat gadget kesayangan.

Tidak hanya permainan, dampak kemajuan teknologi bisa saya nikmati melalui alat-alat masak, alat olahraga, dan kebutuhan sehari-hari yang makin lama semakin canggih. Contohnya mencuci baju yang kini hanya tinggal pencet mesin, beres semua masalah pakaian kotor. Atau, kalau dulu setrika baju harus menggunakan setrika arang yang sangat berat, sekarang cukup pakai setrika listrik ringan yang lebih mudah cara pakainya. Bahkan terakhir, muncul sejenis mesin setrika otomatis. Tinggal masukkin baju kusut, keluarnya sudah terlipat rapi dan licin. Bismillah … semoga suatu saat terbeli tuh mesin. Aamiin.
Selain mesin cuci dan setrika, masih banyak lagi teknologi maha dahsyat yang bisa kita semua nikmati saat ini. Namun kemajuan yang paling berdampak, –menurut saya– tentu saja adalah internet.

Internet Mengalihkan Duniamu

Di kantor, hampir 8 jam kerja full memakai internet, yang otomatis berhadapan dengan monitor. Pun di rumah, mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penulis, mengharuskan saya bercengkerama dengan gadget untuk melakukan riset. Berjam-jam melototi layar gadget, kadang membuat mata lelah dan capek, tapi saya sangat mencintai pekerjaan ini. Mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata kering yang saya rasakan karena terlalu lama di depan gadget atau komputer, tak sebanding jika melihat hasil tulisan diterima oleh pembaca. Puas dan bahagia banget, apalagi bila itu bisa memberi manfaat serta dampak positif bagi mereka.

Beberapa buku antologi yang pernah saya terbitkan

Tak dapat dielakkan, roda ekonomi pun semakin bertumbuh pesat karena dorongan kemajuan internet. Transaksi antar kota, antar negara, bahkan antar benua tak bisa dihindari lagi. Internet menghubungkan satu dan yang lainnya dengan sangat mudah dan murahnya. Pusat perdagangan dunia tak lagi berada di The Dubai Mall – Arab Saudi, apalagi di Mall Taman Anggrek – Jakarta. Secara perlahan, marketplace mengambil alih pergerakan ekonomi dan pusat perdagangan dunia. Seperti Alibaba, Amazon, Lazada, dan lain-lain.

Dalam dunia pendidikan pun internet sangat berpengaruh. Banyak sekali bermunculan bimbingan belajar online yang disarankan oleh sekolah, anak saya menjadi peserta salah satu bimbingan belajar online tersebut. Termasuk saya yang mulai belajar nulis juga lewat internet. Berkenalan dengan mentor training menulis di Facebook, kemudian mengikuti kelas pelatihan di whatsapp dan telegram. Dari mulai belajar bikin artikel, menulis resensi buku, belajar jadi editor, bahkan mengikuti pelatihan menulis skenario secara online. Praktis semua menggunakan internet.

Penyebab Mata Kering

Dari banyaknya aktivitas online yang sepertinya merupakan suatu kewajiban di zaman now, hal itu bisa menyebabkan mata menjadi kering. Mata terasa seperti berpasir dengan penglihatan sedikit kabur dan merasa seperti ada sesuatu di dalamnya. Ada beberapa faktor penyebab mata kering lainnya, yaitu:

Perubahan Hormon

Bagi wanita, perubahan hormon biasanya akan meningkatkan risiko terhadap mata kering. Misalnya pada masa kehamilan, menopouse, atau selama penggunaan pil KB.

Proses Penuaan

Pada umumnya produksi air mata akan menurun seiring bertambahnya usia, sehingga kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk mendistribusikan air mata ke seluruh permukaan mata.

Lingkungan dan Aktivitas

Terlalu lama menatap layar komputer untuk bekerja atau menulis serta melakukan aktivitas lainnya yang memerlukan konsentrasi visual, membuat mata cenderung lebih jarang berkedip. Itu berarti lapisan air mata akan cepat menguap sehingga membuat mata kering.

Begitu juga faktor lingkungan. Seperti debu, asap, angin, cuaca kering, sinar matahari, dan lain-lain, bisa menyebabkan mata kering. Meskipun faktor lingkungan tersebut bukan termasuk menjadi penyebab utama dari gangguan mata kering.

Gejala Mata Kering

Mata Sepet

Gawai atau handphone adalah salah satu karya teknologi tinggi di era millenial ini. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa menggunakannya. Terlalu lama menatap gawai, akan membuat rasa tidak enak seperti melekat pada mata. Nah, mata sepet seperti itulah contoh dari gejala mata kering.

Mata Pegel

Hampir sama seperti gawai, komputer mempunyai peran yang juga cukup penting akhir-akhir ini. Banyak hal bisa dimudahkan dengan perangkat canggih tersebut. Namun efeknya jika terlalu lama bekerja di depan komputer, bisa membuat mata pegal.

Mata Perih

Sering berada di ruangan ber-AC terlalu lama? Kondisi pemanasan global yang kian santer ini, membuat hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada di daerah perkotaan memasang AC di rumahnya. Padahal, berada di ruangan ber-AC terlalu lama bisa menyebabkan mata perih sebagai gejala mata kering.

Cara Mengatasi Mata Kering

Jika gejala-gejala tersebut sudah dirasakan, ada baiknya lakukan hal-hal di bawah ini untuk mencegah berlanjutnya mata kering.

Sering Berkedip

Salah satu fungsi berkedip adalah untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan bola mata, terutama ke kornea. Selain itu, berkedip bisa menurunkan suhu agar tidak sampai merusak retina serta menjaga kelembaban mata. Jadi saat mata kering, usahakan sering berkedip, ya. Tapi jangan sering-sering berkedip di hadapan pacar orang lain 😀

Gunakan Pelindung Mata

Aktivitas yang terlalu berlebih di depan layar, atau lingkungan yang kurang sehat karena asap, debu, dan lain-lain seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu faktor penunjang mata kering. Untuk itu, lindungi mata dengan menggunakan kacamata radiasi bagi yang bekerja di depan komputer atau kacamata hitam bagi yang aktivitas di luar ruangan. Selain tampak lebih modis, mata kalian akan terlindungi.

Menambah Konsumsi Asupan Omega-3

Jurnal Ophthalmology dalam penelitiannya tahun 2013, mendapatkan bukti bahwa dengan mengonsumsi asam lemak esensial omega-3 bisa membantu meningkatkan produksi air mata. Kalian bisa mendapatkan asupan Omega-3 melalui bahan makanan yang terkandung dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat, sayuran berdaun hijau, telor omega-3, ikan tuna, salmon, dan sarden.

gambar: wartakota

Meneteskan Insto Dry Eyes

Saat memutuskan mencintai kelebihan dunia gadget dan internet, secara tidak langsung ikrar kesetiaan terhadap obat tetes mata pun terjalin. Saya memilih Insto Dry Eyes untuk mengawal karir saya, baik di kantor maupun di dunia literasi yang baru saya geluti ini.

Jadi, saat mulai merasakan gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih. Usahakan jangan mengucek mata, ya, seperti yang pernah saya lakukan dulu :'( . Mengucek mata bisa membuat kornea mata berubah bentuk, bikin mata panda, dan bisa menyebabkan infeksi mata. Oooh … BIG NO! Langsung ambil saja Insto Dry Eyes sebagai solusinya.

Kenapa Insto Dry Eyes? Karena Insto Dry Eyes selain memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri, –sebagai air mata buatan– varian baru dari insto ini bisa digunakan sebagai pelumas mata untuk mengatasi mata kering. Kemasannya yang mini, 7.5ml, praktis bisa disimpan dalam tas atau dompet, jadi bisa dibawa kemana saja.

ATURAN PAKAI INSTO DRY EYES

Bye Mata Kering
Bye Mata Kering

Cukup berikan 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata, 3x sehari atau sesuai anjuran dokter. Maka kalian akan mendapatkan mata yang kembali segar dan siap untuk stalking sosmed mantan #eh siap untuk riset tulisan.

Bye Mata Kering
Bye Mata Kering

Tidak ada kata terlambat untuk memulai segala sesuatu, dan tidak ada alasan untuk tidak berkarya. Berapapun usia kalian, yakinlah masih bisa memberi manfaat kepada sesama –sekecil apapun itu.

Nah, itu tadi artikel tentang penyebab dan gejala mata kering yang pernah saya alami, serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat, yaaa, dan … tetaplah berkarya perempuan Indonesia.

Salam hangat penuh cinta dari admin yang manis ^_*

#DryEyeEducation
#BukaMataBukaInsto
#InstoDryEyes
#BloggerPerempuan

Follow My Social Media

47 Comments

  1. Juli Dwi Susanti

    Iya ya mbakkuh akuh ga mau pake kacamata tapi gamau juga mata kering

    Reply
  2. Juli Dwi Susanti

    Iya ya mbakkuh akuh ga mau pake kacamata tapi gamau juga mata kering

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Rajin berkedip, Miss. Olahraga mata, trs dibantu pakai Insto Dry Eyes tentunya.

      Reply
  3. Emmy Herlina

    Wah, aku bahkan belum sempat utk ikut kompetisi ini. Hehe. Btw salah fokus dg buku bukuny. Betapa sering kita sebuku ya Mbak. Dulu dirimu favoritku di grup sebelah. Hehe

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Ayoooo, ikutan kompetisinya … Iyaaaa kita sering satu buku. Nulis bareng lagi, yuuuuk

      Reply
  4. Dwi

    Memang ya kalau kelamaan menatap layar hp tuh bisa bikin mata kering, gatal, perih. Makanya bener banget harus sering kedip. Aku juga pernah pakai ini pas mataku gatal banget, rasanya tuh enak sekali.

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Rasanya dingin di mata, seger jadinya liat monitor lagi

      Reply
  5. anggraeni septi

    Mba Wiwid, emang sebel ya kalo mata udah perih dan pegel. Apalagi kita suka menulis depan laptop hehe. Wah asik nih, pakai insto dry eyes, anti ribet untuk masalah mata perih.

    Btw, buku antologinya banyak bener mbak 😀 Keren euyyy. Salut atas karyanya.

    Kemarin aku ke Bali karena ikut rombongan jadi rada susah kalo kopdar. Padahal pengen ketemu mbak 🙂 Semoga kapan2 bisa kopdar ya mbak 🙂

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Aaaaah iya ih curang nggak dikabarin. Siiip, semoga nanti bisa kopdar bareng yang lain juga.

      Reply
  6. Bety Kristianto

    Ini merk favorit keluargaku mba, gak pernah ganti ganti hehe.. enakeun dipakenya.

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Kayaknya memang Insto adalah merek favorit sejuta keluarga, simbok :*

      Makasih yaaa udah mampir

      Reply
  7. hani

    Insto memang top u tetes mata. Apalagi ada khusus u Dry Eyes. Duh…ternyata bisa juga akibat usia ya. Harus dijaga nih mata, engga ada gantinya…

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Hahaha ojo baper opo, Bund, kalo ada yang bahas usia. Bener banget, Bund, mata adalah jendela hati, jadi harus dirawat dan dijaga dengan hati-hati 😀

      Reply
  8. Nanik Kristiyaningsih

    Wahh lengkap banget informasinya. Jadi paham karena apa mata kita kering dan karena apa.
    Eitt ditambah solusinya.
    Nice info Mb Wiwid.

    Good luck, yess!

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Makasih kakak

      Reply
  9. Damar Aisyah

    Aku juga terasa banget sekarang mata gampang sepet dan kering. Kayaknya emang agak over di depan gadget, perlu olahraga mata semacam jalan-jalan gitu di mall, wkwkwkwk. Becanda.
    Tapi emang bener lho, olahraga mata itu perlu kayak yang mbak saranin tadi,berkedip. Kalau obat tetesnya aku juga biasa sedia insto. Udah jelas aman

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Keren, olahraga matanya ngemall. Trs lanjut shopping, olahraga tangan hahaha
      Iya, mbak, Insto wajib ada di tas.

      Reply
  10. Erny Kusuma

    Ya mb mataku kdg terasa kering dan panas juga sepet. Itu krn pngaruh baca tulisan baik di hp maupun buku. Baca artikel ini jd ngeh cara mngatasinya. Mksh ya..

    Reply
  11. Wiwid Vidiannarti (Post author)

    Iya, cara mengatasinya selain kedip-kedip manja ya tetesin insto dry eyes

    Reply
  12. Sara Neyrhiza

    bener nih sejak ketemu layar terus, mata jadi gampang lelah dan pedih

    Reply
  13. Nurul Sufitri

    Wah, ini nih yang aku cari! Aku merasa kurang enak deh mataku sejak kelamaan laptopan. kadang kalau di AC juga kering2 gitu. Memang butuh menghalau sejenak sinar layar laptop dengan melihat tanaman hijau. AKu rajin makan ikan sih yg mengandung Omega 3. Kalau soal obat mata sih aku punya stok Insto buat jaga2 🙂

    Reply
  14. narasilia

    Eh bener deh kalo mata sepet tuh gak enak banget, makasih tipsnya ya, nanti tetesin insto deh

    Reply
  15. dudukpalingdepan

    Pengen beli Insto juga ah, soalnya saya sering banget ngerasain gejala mata kering karena pekerjaan dan hobi sama-sama mengharuskan duduk lama di depan layar monitor.

    Reply
  16. Dyah Yasmina

    Saya memilih istirahat mata dengan tutup mata beberapa detik. Saya malah nggak berani keseringan pakai obat tetes mata, takut mata terlalu sensitif.

    Reply
  17. Hairi Yanti

    Minus mata saya nambah setelah aktifitas banyak natap layar. Hiks. Penting banget emang ya mbak jaga kesehatan mata.

    Reply
  18. Maschun Sofwan

    wah mata kering berbahaya juga ya, itu gejala-gejalanya jadi tau sekarang

    Reply
  19. Ran

    dari jaman aku kecil sampe besar begini taunya insto doang. Merk lain gak paham hahah
    emang udh terkenal sejak aku kecil. Sekeluarga juga pake insto..

    Reply
  20. Rhoshandhayani KT~~

    aku juga udah setia ngantongin insto di tas
    supaya bisa gercep kalo dibutuhkan

    Reply
    1. Andrie Kristianto

      Wahhhh mantep nih sudah siap sedia dalam segala hal kalo dibutuhkan ya mb 😀

      Reply
  21. nurulrahma

    Insto Dry Eyes ini andalan dan senjata banget untuk semua orang, deh
    Terutama content creator yg sering gadget-an melulu

    Reply
  22. Ujame Gaja

    Instio emang deh yaa jadi andalan banget buat kita yang kerjanya depan komputer sama mantengin hape sampe begadang. Ampuh banget bikin mata seger lagi

    Reply
  23. Lusi

    Aku taunya obat tetes mata itu ya Insto. Udah nempal banget di pikiran sejak kecil.

    Reply
  24. Keke Naima

    Zaman digital begini memang salah satu risikonya ke mata ya, Mbak. Bisa bikin mata jadi kering. Apalagi buat blogger kayak kita gini, bisa lebih sering menatap layar. Untung ada Insto

    Reply
  25. Indah Nuria

    Aku sering bangeet ngerasain mata pegel dan sepeet karena kelamaan kerja di depan komputer. Untungnya sekarang banyak tetes mata yang praktis bangeet

    Reply
  26. Noorma

    Aku cocok sih mba pake insto ini. Soale mataku beberapa kali ngerasa cepet banget tar tiba2 nangis elsendiri karena periihh banget gitu

    Reply
  27. Ida

    Mata kering banyak mengonsumsi makanan yg mengandung Omega 3 ya .Catet.hehe..aku sering mata pegel kalau baca lagi dibantu pke kacamata nih .

    Reply
  28. Susie Ncuss

    Saya selama ini selalu menggunakan metode konvensional kalau matahari perih atau lelah karena kelamaan di depan laptop,yaitu cukup memejamkan mata selama beberapa saat.

    Insto bisa jadi alternatif nih utk hasil yg lebih cepat.

    Reply
  29. Nia K. Haryanto

    Duh, aku nih, walopun di rumah, debu dan suhu udara yang sekarang gak menentu, sering bikin mata kering. Kudu selalu sedia Insto Dry Eye kayaknya ya. Biar mata selalu seger. Walopun terlihat sepele, rasanya mengganggu deh mata kering ini.

    Reply
  30. Hidayah Sulistyowati

    Jaman suka ke gunung waktu masih muda imut, selalu bawa Insto. Tapi sejak kegiatanku duduk di depan laptop, ya udah sedia Insto aja di meja kerja. Karna kebanyakan di depan laptop jadi bikin mata sepet emang

    Reply
  31. Ainhy Edelweiss

    Ini juga produk andalan mba, dulu pernah kena mata kering dan gak hanya itu, bahkan sampe merah, dikasih rekomendasi dari keluarga, coba insto. Alhamdulillah mujarab

    Reply
  32. Uniek Kaswarganti

    Kebanyakan di depan komputer juga bikin mata sepet dan perih yaaa… Bagi bloger dan para pekerja online kayaknya butuh menyiapkan Insto Dry Eyes, sewaktu-waktu mata terasa kering bisa teteskan ke mata agar terasa segar.

    Reply
  33. Diah Woro

    Aku selalu sedia Insto hijau di tas. Kalau kena debu di jalan langsung adem deh di mata.

    Reply
  34. lendyagasshi

    Praktis kala mata perih dan pegal.
    Beda gak sih kak…kalau pakai Insto Dry eyes sama insto biasa?

    Reply
  35. April Hamsa

    Emang salah satu yang bikin mata cepet kerig kalau sering interaksi liat gadget gtu ya mbak?
    Kudu sellau sedia insto pokoknya kalau mata udah terasa gatal dan perih gtu, supaya mata tetep terhidrasi dan gak kering

    Reply
  36. Helena

    iya yaa dulu orang lebih sering baca buku atau koran. Sekarang buku pun masuk ke HP atau komputer, ya kondisi mata kering lebih mungkin terjadi. Thanks tips-nya yaa

    Reply
  37. Natara

    insto ini aman ga sih kak kalo dipake setiap hari dalam jangka waktu yang Panjang…? aku sering banget mengalami mata kering soale kak…

    Reply
  38. Monica Anggen

    Insto mah udah merek terpercaya untuk obat tetes mata. Dan kalau mata kering karena kelamaan menatap layar laptop, pakai instro bikin perih dan rasa kering di mata jadi hilang.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.