Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Setiap orang di dunia ini, khususnya bagi kaum wanita, tentunya ingin selalu tampil cantik dalam setiap waktu. Untuk mendapatkan wajah yang cantik tersebut, banyak dari kaum wanita yang melakukan perawatan wajah secara khusus, baik itu dengan mendatangi salon kecantikan, spa, dan lain sebagainya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang rela mengeluarkan uang cukup banyak hanya untuk mendapatkan wajah cantik dan mulus yang memang selalu mereka idam-idamkan. Mereka ini biasanya melakukan perawatan wajah secara rutin dan berkala.Terutama pada saat mereka akan menghadiri acara formal seperti acara pernikahan, reuni, acara pertemuan keluarga, dan lain sebagainya.


Terlepas dari semua itu, sebenarnya untuk mendapatkan wajah yang cantik dan mulus tidaklah perlu mengeluarkan uang banyak-banyak, bahkan bisa gratis alias tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam perawatannya. Karena hal tersebut bisa dilakukan secara alami atau menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kita dapatkan di rumah. Salah satunya adalah dengan membuat masker wajah alami. Tentunya pembuatan masker yang alami ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti kopi.

Berikut manfaat masker kopi dan cara membuatnya:

Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

pict: shutterstock

Tekstur dari kopi itu dapat membantu di dalam pengelupasan sel kulit mati. Cara pemanfaatannya adalah dengan menggosok-gosokkan bubuk kopi hitam yang murni atau ampas kopi ke kulit wajah.

Dapat Menghaluskan, Membersihkan, dan Melembabkan Kulit

pict: liputan6

Masker kopi yang dicampur dengan minyak zaitun dapat mencegah wajah dari kekeringan dan sekaligus dapat membersihkan serta membuat kulit wajah menjadi halus. Cara pemanfaatannya itu adalah dengan membuat scrub yang dicampurkan dengan setengah cangkir kopi dan juga setengah cangkir gula kemudian ditambahkan minyak zaitun sebanyak seperempat cangkir. Setelah semua bahan tercampur rata, oleskan pada kulit wajah dan lakukan pijatan dengan gerakan melingkar. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air.

Dapat Mengencangkan Kulit Wajah, Melembutkan, Melembabkan, dan Menyehatkan Wajah

pict: jerawatcinta

Membuat masker kopi yang dicampur dengan susu, coklat, dan juga madu, maka akan dapat mengencangkan, melembutkan, melembabkan, dan menyehatkan kulit wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok bubuk coklat dan juga bubuk kopi, serta 1 sendok madu dan 3 sendok susu. Tetapi untuk jenis kulit wajah berminyak, susu sebaiknya diganti dengan yogurt. Lalu semua bahan itu diaduk hingga tercampur rata, dan setelah itu aplikasikan pada kulit wajah lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Cara Membuat Masker Kopi dengan Bahan Lainnya

Masker Kopi yang Dikombinasikan dengan Madu, Susu, dan Juga Coklat

Pertama-tama siapkan 2 sdm bubuk kopi, 2 sdm bubuk coklat, 1 sdm madu murni dan juga 3 sdm susu. Tetapi untuk jenis kulit wajah berminyak, sebaiknya susu itu diganti dengan yogurt. Lalu campurkan semua bahan itu hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk. Untuk hasil yang maskimal lakukan perawatan ini secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Masker Kopi yang Dikombinasikan dengan Garam 

pict: pixabay

Langkah pertamanya adalah siapkan bubuk kopi dan garam sebanyak 3 sdm. Campur kedua bahan tersebut, diaduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hingga besih dan keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur sebanyak 2 sampai 3 kali di dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, ternyata mudah, kan? Cantik nggak harus mahal. Demikian artikel saya kali ini kali ini tentang manfaat masker kopi dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat, yaaa

Tetap cantik dan selamat berkarya perempuan Indonesia 😘

Follow My Social Media

7 Comments

  1. Dian Restu Agustina

    Kecuali minyak zaitun aku punya semua bahannya..cus ke dapur bebikinan masker kopi yang alami biar kulit wajah kencang, lembut, lembab, halus, bersih dan sehat.
    Thanks sharingnya mbak Wied…manfaat bangets kopi ternyata yaaa:)

    Reply
  2. Srie Ningsih

    waah…boleh dicoba nih, kebetulan bahannya ada. Biasanya hnya pakai lidah buaya aja, terima kasih ilmunya Mba

    Reply
  3. Nining Prasetya

    thengkiyuh sharingnya mbak Wid..bersyukur hidup di Indonesia yang kaya dengan kekayaan alam..banyak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan juga kecantikan…seperti kopi ini eh ternyata juga bisa buat kecantikan kulit..hanya perlu ketelatenan untuk mengolahnya…

    Reply
  4. Juli Dwi Susanti

    Wah bahan gampang semua ini maaah aseek

    Reply
  5. Nanik Kristiyaningsih

    Wahh jadi pingin nyoba Mbak Wid. Cuzz ah siapin bahannya di dapur.
    Bismillah jadi kinclong hehe …
    Makasih sharingnya mbak.

    Reply
  6. anggraeni septi

    Mba wiwid kreatif banget bikin masker dari kopi. Dan aku baru tau ternyata manfaat kopi untuk wajah itu banyak. Bahkan bisa mengangkat sel kulit mati. Eh yang kopi dan garam mau aku cobain ah dirumah 🙂

    Reply
  7. Erny Kusuma

    Huwaaa….jd mupeng bikin nih. Bahannya juga mudah dan murmer. Yes mo bikin ah biar wajahku lembut, halus, lembab dan kencang. Thx ya mb Wied…

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.