Mendapatkan Penghasilan dari Menulis

Sebuah penelitian menemukan bahwa seorang perempuan mampu bicara hingga 20.000 kata per hari, atau 3 kali lipat lebih banyak dari seorang pria. Hal ini disebabkan karena perempuan memiliki protein berbicara yang lebih di dalam otak. Sifat perempuan yang cenderung lebih sering mengamati, membuat ia merasa bahwa dengan bicara dapat menyelesaikan masalah. Untuk itu perempuan perlu mengendalikan “kelebihan” itu melalui hal-hal yang positif. Misalnya dengan menulis, apalagi bila sampai bisa berpenghasilan dari menulis. Waaah … pasti senang sekali, bukan?

Menurut Wikipedia, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan catatan atau informasi pada media dengan menggunakan aksara. Selain untuk mengalihkan “kelebihan” perempuan tersebut, kegiatan menulis juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi yang menekuninya. Akhir-akhir ini profesi unik begitu fenomenal, salah satunya adalah menjadi penulis tersebut. Pekerjaan yang berfungsi untuk menyampaikan manfaat suatu program lewat tulisan kepada pembaca ini banyak digemari perempuan, karena bisa dikerjakan dari mana saja tanpa harus meninggalkan anak di rumah. Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan penghasilan dari menulis? Kepoin, yuk!

  1. Penulis Konten


    Saat ini banyak sekali perusahaan besar yang memercayakan webnya pada penulis profesional. Kesibukkan yang padat, tidak memungkinkan bagi mereka untuk memikirkan konten-konten di website. Ada tenaga khusus yang disediakan mereka untuk mengelola web perusahaan. Salah satunya adalah dengan mengisi konten. Jadi, langkah yang paling tepat adalah dengan membayar tenaga ahli di bidang tersebut.
    Tugas penulis konten adalah memberikan informasi yang tepat dengan bahasa semenarik mungkin kepada pembaca web, agar misi yang dijalankan perusahaan sampai kepada calon klien dari si pemberi job. Sahabat bisa mendapatkan pekerjaan ini dengan cara bergabung ke beberapa komunitas menulis, atau bisa dengan branding diri sebagai penulis konten di media sosial yang kalian punya. Tema dan isi konten tergantung dari kesepakatan dan permintaan klien.
  2. Jurnalis

    Suka baca berita? Suka, dong. Apalagi tentang kegiatan Asian Games 2018 yang hangat-hangatnya di Indonesia seperti saat ini. Nah, kegiatan mempersiapkan, mengumpulkan berita, menulis atau merekam, mengedit, kemudian menerbitkan ke media cetak atau elektronik lainnya disebut jurnalis. Tujuan seorang jurnalis adalah memberikan informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial masyarakat. Dari media tempat kita menerbitkan berita itulah, Sahabat akan dibayar oleh media tempat artikel atau berita itu ditayangkan.
  3. Ghost Writer
    Ghost Writer itu bukan penulis kisah horor, ya, apalagi hantu yang menulis 😂. Bukaaaan. Ghost writer merupakan julukan bagi penulis yang membuat karya atas nama orang lain. Jadi misalnya, nih, Lisa Black Pink si penyanyi asal Korea itu 😍 ingin membuat buku biografi. Sayangnya doi tidak punya cukup waktu untuk menulisnya, juga karena kemampuan di bidang menulis kurang cakap. Nah, dia membayar Sahabat untuk menuliskan buku tentang perjalanan hidupnya melalui apa yang dia ceritakan. Setelah terbit, nama penulis yang tercantum adalah Lisa Black Pink bukan nama kalian. Itulah yang disebut Ghost Writer. Tapi tidak sebatas buku biografi saja, melainkan menulis tentang apa saja.
  4. Penulis Buku

    Banyak yang mengatakan syarat menjadi seorang penulis adalah dengan mempunyai buku terbit. Meskipun banyak sekali penulis yang berpenghasilan dengan cara lain, tapi tidak ada salahnya jika memang memiliki buku solo agar lebih afdol sebagai penulis. Untuk menjadi penulis buku, bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu, terbit mayor dan Indie.
    Terbit mayor adalah buku yang dicetak secara global dalam jumlah besar oleh penerbit nasional dan diedarkan ke seluruh penjuru Nusantara yang mempunyai link dengan penerbit tersebut. Untuk bisa memiliki buku terbit secara mayor, diperlukan waktu minimal 4-6bulan bahkan ada yang hingga sampai 1 tahun. Biasanya royalti yang diberikan kepada penulis adalah sebesar 10% dari harga jual buku. Namun, jika buku Sahabat dicetak sebanyak 5.000 eks, bisa dihitung berapa penghasilan Sahabat dari 1 buku saja 😍.
    Selain terbit mayor, kalian juga bisa menerbitkan buku secara Indie. Enaknya, semua keuntungan penjualan buku 100% hak penulis. Sahabat juga tidak harus melewati masa penantian panjang untuk antre terbit. Mantap, kan?

Nah, itu adalah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Kalau Sahabat, mau mendapatkan penghasilan dari menulis apa?

Follow My Social Media

13 Comments

  1. HeNee

    Penghasilan dari nulis buku aja deh, hehehe

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Asyeeeek…

      Reply
  2. Srie Ningdih

    Saya pernah beberapa kali jadi gosh write tapi ga dibayar. Karena menuliskan untuk direktur perusahaan tempat aku bekerja, jadi itu salah satu tugas aku sbg public relations…
    Royalti dari buku solo dr penerbit indie?..alhamdulillah..udah juga dirasakan..hehhehe

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Masuk kategori loyalitas kerja, ya, Bund? Aaah paling tidak kan udah tau rasanya jadi ghostwriter.

      Reply
  3. Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Dari itu semua, aku paling suka kalau jadi penulis buku. Kalau nulis buku itu, kita akan menulis sesuai yg kita mau ya. Jadi nulisnya akan lbh ngalir dan lbh menyenangkan hihihi

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Jadi karakter bukunya sama kayak penulisnya hihihi

      Reply
  4. Damar Aisyah

    Sementara ini saya pilih dari menulis konten aja dulu, Mbak. Cita2 sih ghostwriter dan tentunya menulis buku solo. Tapi kalau mneurut saya pribadi, untuk buku solo sifatnya lebih ke idealisme, jadi nggak pengin mengejar banget materi dr situ.

    Reply
  5. Rahayu Asda

    Mendapat penghasilan dari menulis itu sangat menyenangkan ya mbaa

    Reply
  6. Dian Restu Agustina

    Saya sudah semua kecuali ghost writer.., Mbak
    Penginnya nulis buku solo 🙂

    Reply
  7. Bety Kristianto

    Yup, nuis dapet duit itu asiikk. Saya belum bisa nulis fiksi dengan baik. Semoga kesampaian nerbitin novel solo suatu saat. Amin

    Reply
  8. Sunarti kacaribu

    Saya mau mendapat penghasilan dari GW mbak, hehe..

    Reply
  9. Nanik K

    Maunya sih, dari content writer dan buku penulis mbak.
    Cuman masih belajar dulu ini.

    Reply
  10. Meirida

    Nulis bloooog. Hehe.
    Walaupun ga banyak, tp kalo dikumpulin dalam sebulan lumayan juga kok mbak.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.