Nasihat Emak

“Nduk, kalau suami baru pulang kerja, jangan cerita tentang hal-hal yang kurang enak didengar. Biarkan
dia makan, istirahat sebentar, kalau sudah agak santai baru kau boleh ceritakan harimu.”

Kurang lebih seperti itu nasihat Emak. Nasihat itu tidak hanya berlaku untuk menantu perempuannya – yang mungkin bertujuan demi kenyamanan anak laki-laki Emak – tapi itu juga berlaku untukku, cucu perempuannya.

Emak berkata sambil membantuku mengerjakan urusan dapur. Ya, Emak memang kadang -bahkan sering- datang mengunjungiku. Sekedar menengok dan ngobrol sebentar, kemudian pulang lagi ke rumahnya. Waktu itu, aku -hampir dua tahun- menumpang tinggal bersama Oom di kampung.

Kalau dipikir-pikir, memang biasanya kita sering suka buru-buru memberi kabar pada suami tentang suatu hal yang kurang menyenangkan. Sekalipun itu hal sangat sepele, yang seharusnya bisa kita selesaikan sendiri. Akibatnya, suami yang baru pulang kerja dalam keadaan masih capek, akan dengan sangat mudah tersulut emosi. Padahal dalam situasi seperti itu, seseorang kurang bisa berpikir jernih dan dengan kepala dingin.

Tugas Istri Terhadap Suami

Terkait dengan nasihat Emak tersebut, sebenarnya tugas kita sebagai seorang istri terhadap suami hanya terbagi menjadi empat perkara, antara lain:

  1. Selalu Taat Pada Suami
  2. Bersikap dan selalu terlihat menyenangkan di mata suami
  3. Menjaga harta, rumah, dan kehormatan suami
  4. Menghindari murka dan mencari rida suami

Nabi pernah ditanya tentang siapakah wanita yang paling baik, adalah “yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, taat jika diperintah dan tidak menyelisihi suaminya dalam perkara-perkara yang dibenci suaminya. (HR. Ahmad)

Demikian nasihat yang pernah Emak berikan padaku. Semoga menjadi pengingat, biar bisa menjadi seorang ibu dan istri yang saliha.

Tapi kini Emak sudah berpulang ke rahmatullah, menemani bapak yang sudah terlebih dulu kembali menghadap Allah. Tinggal doa yang bisa kami berikan kepadanya, semoga Allah memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya. Aamiin

Follow My Social Media

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.