Pesona Pulau Seribu Pura – Bali

 

SEKILAS TENTANG BALI

Jika di Aceh pernah mengalami bencana tsunami yang menelan ribuan korban jiwa, maka Bali pernah mengalami bencana erupsi Gunung Agung tahun 1963 dengan korban sebanyak 1.148 jiwa dan 296 korban luka-luka. Peristiwa meletusnya Gunung Agung tersebut terjadi selama hampir 1 tahun, yaitu sejak tanggal 18 Februari 1963 sampai 27 Januari 1964.

Tak hanya erupsi Gunung Agung 1963, peristiwa Bom Bali pernah menjadi catatan sejarah kelam pulau Bali. Korbannya mencapai 202 yang meninggal, 164 warga asing dari 24 negara dan 38 lainnya adalah penduduk Indonesia. Peristiwa itu terjadi pada 12 Oktober 2002 dengan tersangka utama Imam Samudera, seorang teroris jemaah Islamiah yang berhubungan dengan AlQaeda.

Ternyata, tahun 2005 terjadi Bom Bali 2, tepatnya terjadi pada tanggal 1 Oktober 2005. Bom bunuh diri kali ini menewaskan 23 orang dan 196 korban luka-luka. Semoga kejadian-kejadian seperti itu, tidak pernah terulang di bumi manapun. Untuk mengenang peristiwa tersebut, pada tanggal 25 Januari 2007 dirilis film Indonesia yang berjudul Long Road to Heaven.

Pesona Pulau Dewata

Erupsi Gunung Agung dan kejadian Bom Bali adalah peristiwa yang menjadi sorotan dunia, namun catatan kelam itu tak lantas membuat Bali sepi pengunjung. Bali tetap memesona semua mata seluruh turis baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut adalah sedikit dari pesona Bali:

  1. Pantai Kuta
    Ini termasuk pantai yang paling terkenal di Indonesia dan paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain lokasinya yang dekat dengan Bandara, pantai kuta mempunyai hamparan pasir yang panjang dengan pemandangan sunset yang sangat memesona, serta dikelilingi restaurant, mall dan hotel, menjadikan pantai kuta sebagai ikon Bali.
  2. Pura Ulun Danu Beratan, Bedugul.
    Apakah Anda mempunyai uang pecahan 50ribu rupiah? Nah, itu adalah gambar yang diambil dari Pura Ulun Danu Beratan daerah Bedugul. Merupakan pura terbesar kedua di Bali, setelah pura Besakih.
  3. Garuda Wisnu Kencana

    Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan mahakarya dari seniman Bali yang bernama I Nyoman Nuarta, letaknya di daerah Tanjung Nusa Dua. Kalau sudah jadi, Patung Garuda Wisnu Kencana ini disinyalir akan menjadi patung tertinggi di dunia.
  4. Pantai Sanur
    Masih seputaran pantai. Kalau pantai Kuta biasa untuk menikmati pemandangan sunset. Pantai Sanur kebalikannya. Indahnya pemandangan matahari terbit, bisa Anda nikmati di sini.
  5. Tanah Lot
    Sama halnya dengan pantai Kuta, di Tanah Lot pemandangan sunsetnya juara banget. Selain itu, adanya pura yang dibangun diatas tebing menambah keindahan pesonanya. Ini menjadikan Tanah Lot sebagai tempat favorit bagi pasangan yang melaksanakan pre-wedding.
  6. Pantai Lovina
    Objek wisata di pesisir Bali Utara ini, terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba di tengah laut. Anda harus datang ke lokasi sebelum matahari terbit ya, karena lumba-lumba akan muncul antara jam 6 sampai jam 8 pagi.
  7. Tanjung Benoa
    Bagi yang suka olahraga air, Tanjung Benoa merupakan pilihan yang tepat. Disini banyak disuguhkan watersport, mulai dari Flying fish, Jetski, Parasailing, Snorkeling, Banana boat, dan lain-lain.
  8. Tari Kecak Uluwatu
    Merupakan kesenian tradisional sejenis drama tari yang menggunakan setting panggung terbuka dengan pemandangan alam di sekitar tebing Pura Uluwatu.
  9. Pasar Sukowati
    Nah, bagi yang gemar belanja. Pasar sukowati, merupakan surganya berburu oleh-oleh khas Bali yang murah.

Makanan Khas Bali

Selain wisata alam dan budaya Bali yang sangat kental, pulau seribu pura ini mempunyai makanan khas yang sangat menggoda lidah. Dijamin, deh, tiap liburan ke Bali bakal gagal diet.
Sate Lilit


Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit ini tidak ditusuk melainkan dililitkan seperti namanya. Biasanya memakai batang daun sere untuk lilitan. Daging ayam dicampur dengan parutan kelapa dan rempah-rempah khas Bali ditumbuk jadi satu, untuk dililitkan pada bagian bawah batang sere kemudian dibakar. Rasanya sangat nikmat.

Nasi Jinggo
Banyak orang yang mengatakan bahwa nasi jinggo merupakan sepupunya nasi kucing dari Semarang.
Nasi Jinggo mempunyai ciri khas sambal yang sangat pedas dengan sedikit lauk, dibungkus menggunakan daun dan memakai tusuk lidi sebagai perekat. Karena mempunyai porsi yang kecil dan harganya murah, nasi jinggo sangat digemari masyarakat setmpat.

Itu dia sekilas tentang Pulau Dewata. Masih banyak lagi pesona Bali lainnya  yang bisa untuk dinikmati. Biasanya pengunjung banyak datang pada libur sekolah, atau pada saat menjelang akhir tahun. Jika ingin merayakan pesta pergantian tahun, Pantai Kuta masih merupakan primadona tujuan wisatawan. Menurut kalian, hal yang paling menarik dari Pulau Bali?

Follow My Social Media

13 Comments

  1. Dian Restu Agustina

    Sate lilit, nasi jinggo..ya ampuuun kangen Bali akyuuuu 🙂

    Reply
  2. Yasinta Astuti

    Kangen Bali pas kesana kurang banget kayanya waktunya.
    Kangen semuanya, ya pantainya ya pura nya apalagi makanannya

    Reply
  3. meirida

    Aw..aw.. Bali. Destinasi wisata impian banget ini mbaaaak. Tapi entah kapan impian ini akan terwujud. Hehe

    Reply
  4. HeNee

    Waaah, kangen masa-masa PKL di Bali, kangen masuk pasar sukowati hihihi… kapan bisa ke Bali lagi ya.

    Reply
  5. Dian Cahyadi

    Aku pengen ke Baliiii… *kapan yah?

    Reply
  6. Damar Aisyah

    Bali emang gak ada habisnya buat dijadiin bahan obrolan. saking banyaknya yang keren dan enak buat dicicipi. terakhir ke sana tahun 20134. Ya Alloh dah lama banget ternyata. hehe

    Reply
  7. steffifauziah

    Duh ke bali itu emang gak ada matinya banget ya. Jadi kangen mau kesan lagi, makasih reviewnya.

    Reply
  8. Dina

    Bali, destinasi wisata semua orang termasuk aku….keren pokoknya

    Reply
  9. Bety Kristianto

    Ke Bali? Harus mantaii dongs hehehe…

    Reply
  10. Anggraeni Septi

    Ke Bali belum pernah nyobain nasi jinggo mba. Duh kangen Bali. Kangen mantai 🙂

    Reply
  11. Dewi Adikara

    Bali selalu menawan.. Masih kecil sering liburan ke bali, lalu terakhir kesana tahun 2013, kangeeen jadinya.. Makasi ya mbak detail infonya tentang Bali

    Reply
  12. Emmy Herlina

    Ah, aku hanya sebentar berkunjung ke Bali kebetulan pas ada kesempatan nemenin suami. Jadi bisa ikutan. Tapi gak ke semua tempat juga. Cuma ke tanah lot, bedugul, sama benoa kalo gak salah. Bali memang indah.

    Reply
  13. Eni Rahayu

    Aseeek punya blog referensi baru, sapa tahu saya bisa ke Bali kan tingga bukablog satupena,cateeeet… Thx sharingnya mbak

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.