Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika STT Bandung

Sabtu, 1 September 2018,  Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menyelenggarakan sebuah Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika dengan tema “Menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Industri 4.0″. Sebelum berlanjut ke acara tersebut, sebaiknya kita tahu apa itu Industri 4.0? Menurut Wikipedia, Industri 4.0 adalah nama tren Otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Acara Pembukaan

Acara yang diselenggarakan di Harris Hotel & Convention Festival Citylink Bandung itu, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta SELISIK yang hadir. Ah, selalu mengharu biru setiap ada event menyanyikan lagu kebangsaan tersebut. Seakan jiwa nasionalisme kita ikut membuncah seiring hentakan nada suara penyanyinya. Setelah dengan khidmad mengumandangkan lagu ciptaan W.R. Supratman tersebut, dilanjutkan persembahan Tari dari Unit Kegiatan Mahasiswa Tari Rampak Kendang dan Angklung STT Bandung.

Lalu laporan singkat dari ketua panitia SELISIK 2018, yaitu ibu Harya Gusdevi, S.Kom, M. Kom. Beliau memaparkan kegiatan yang dilalui sebelum terselenggaranya SELISIK 2018,  kurang lebih memakan waktu selama 5 bulan. Dengan menerima 100 paper dari berbagai perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia, kemudian terpilih 12 paper terbaik yang akan direkomendasikan terbit di jurnal pendukung.

Acara Sambutan

Kesempatan berikutnya adalah sambutan  dari ketua STT Bandung sebagai penyelenggara acara SELISIK 2018, yaitu Bapak Muchammad Nasser, S.Kom, MT. Disebutkannya sebuah data yang cukup mengejutkan bagi kita, bahwa Indonesia membutuhkan waktu 45 tahun untuk mengejar ketertinggalan dalam hal ilmu literasi. Selain itu, daya saing inovasi Indonesia berada di tingkat 87 dari 127 negara. Kemudian berada di urutan 80 dari 130 negara untuk kesiapan teknologi. Kesiapan teknologi suatu negara tidak lepas dari kesiapan negara tersebut untuk memanfaatkan sumber daya manusianya. Beliau juga menyampaikan bahwa di Indonesia ada 5 sektor yang siap mengikuti industri 4.0, yaitu makanan dan minuman, otomotif, elektronik, tekstil, dan pakaian jadi.

Acara berlanjut dengan sambutan dari ketua APTIKOM Jabar Bapak Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp. M. SI, M.Kom dan dilanjutkan sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Bapak Prof. Uma Suherman AS, M.Pd. Kemudian pemberian cinderamata untuk Ketua APTIKOM Jabar,  Kepala LLDIKTI Wilayah IV, para Keynote Speaker, dan Anggota NERIS.

Pengumuman Pemenang dan Doa

Tak lupa acara yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang Kompetisi SELISIK 2018. Sebelum acara coffe break, dibacakan doa yang dipimpin oleh Bapak Muslim Arif.

Keynote Speaker 1

Pemateri pertama adalah Ir. Prihantono Rudito, M. Bus., Ph,D Direktur Eksekutif Co-Branding Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata. Suka tidak suka, mau tidak mau, saat ini kita harus terima berada di era digital. Sesuai tema, menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi industri 4.0, beliau mengembangkan Digital Mastery dengan menerapkan konsep 3C; Context, Concept, dan Content.

Saat ini kita sedang menghadapi era digital lebih cepat terjadinya dari yang diperkirakan.  Sebagai contoh adalah gagasan titipan kilat dengan self driving car, layanan hospital by hal@doc, atau dronbrella yaitu untuk penggunaan payung tanpa harus kita pegang.

Keynote Speaker 2

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. M. Suyanto, M.M selaku Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jika pemateri sebelumnya menerapkan sistem 3C, pemateri kali ini menjelaskan bahwa sumber daya manusia ke depannya akan terbagi menjadi empat bagian, yakni Profesional, Enterpreneur, Sciencetist, dan Artist.

Sangat bangga sekali dengan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang sudah menyelenggarakan acara sekeren ini. Saya sangat yakin, Indonesia mampu mengimbangi negara maju lainnya dalam menghadapi era industri 4.0 ini. Seyakin masa depan para atlet Indonesia yang baru saja menorehkan sejarahnya di Asian Games 2018. Karena, kita siapaaa? (((Indonesia!)))
Nah, apa persiapan kalian untuk menghadapi industri 4.0?

 

#MakingIndonesia4.o
#Selisik2018
#STTBandung

Follow My Social Media

18 Comments

  1. Lisa

    Sebagai SDM Indonesia kita harus menyiapkan diri untuk menghadapi rindustri 4.0. Seminar yang diadakan STT Bandung sungguh keren

    Reply
  2. Megha

    Memang sdmnya harus lebih siap dalam menghadapi era industri 4.0 klo ga bisa2 digantikan mesin semua

    Reply
  3. Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Wah nggak nyangka ya kita memasuki revolusi industri 4.0. Harus melek teknologi juga ya dan mempersiapkan anak2 kita

    Reply
  4. liesdiana yudiawati

    Era digital lebih cepat terjadinya dari yang diperkirakan. Jd SDM harus siap dengan mengembangkan diri

    Reply
  5. Anonim

    Kewajiban emak-emak nih menyiapkan generasi yang berkualitas, setidaknya dimulai dari keluarga

    Reply
  6. Dawiah

    Kewajiban emak-emak nih menyiapkan generasi yang berkualitas, setidaknya dimulai dari keluarga

    Reply
  7. Dian Restu Agustina

    Siapa kitaaa? Indonesiaaa!
    Kita pasti bisa menghadapi era industri 4.0 ini. Yuks semangat!Siapkan generasi mendatang, anak-anak kita tersayang untuk menghadapi segala tantangan…!!

    Reply
  8. Putri

    Semangat! Walau ga ikutan acaranya, tapi infonya dapet dari review Mbak Wiwid. Makasih Mbak.

    Reply
  9. Damar Aisyah

    Yang jelas untuk persiapan Revolusi Industri 4 ini kita harus siap berubah tanpa menjadi orang lain. Mengubah gaya tapi tetap dengan potensi dan ciri khas kita sendiri.

    Reply
  10. steffifauziah

    Kereen banget ya acara seminarnya. Pastinya semakin semangat nih memperbaiki diri agar kita menjadi salah satu SDM yg bisa bersaing di industri 4.0. Hayuk makin banyak belajar agar tak kendor untuk bersaing hehe.

    Reply
  11. Enni Kurniasih

    Kabarnya ini event tahunan ya, Mbak. Turut bangga juga kita, ya

    Reply
  12. Dhika

    Materi seminarnya oke banget bundo jadi deg deg an, mampu gak ya mendampingi anak anak di jaman yang semakin canggih ini.

    Reply
  13. Ummu arrahma

    Keren ya mbak seminar nya bikin makin semangat buat belajar. Harus kreatif inovatif dan produktif buat memiliki daya jual kita ini ya

    Reply
  14. Novi Herdiani

    Bravo! Semoga dapat diimplementasikan dan diterapkan oleh para akademisi dan para mahasiswa untuk menjadi manfaat baik.

    Reply
  15. Nurul Fitri Fatkhani

    Seminar yang sempurna dengan pembicara yang kompetenen ya…
    Semoga bisa membantu penyiapan SDM menghadapi Revolusi Industri 4.0

    Reply
  16. hani

    Karena kita siapa? INDONESIA. Keren Mbak…
    Harus pandai²memanfaatkan teknologi ya. Semuanya digital sekarang…

    Reply
  17. erny Kusumawaty

    Oke ya acaranya, infonya berbobot. Beruntung bisa ikutan langsung ya mba dirimu, hihi…

    Reply
  18. Eni Rahayu

    Bagusnya seminar serupa dilakukan perguruan tinggi lain di Malang. Hehe… Bagus materinya

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.