Setinggi Puncak Jaya Wijaya dan Seindah Raja Ampat – Papua

Gunung Jaya Wijaya

Sumber gambar: Liputan6

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya, Papua. Ketinggiannya mencapai hingga 4880m, gunung yang dikenal dengan sebutan Piramida Carstensz pada masa penjajahan Belanda ini menjadi satu-satunya gunung yang memiliki gletser atau padang salju di Indonesia. Negara Indonesia yang membentang di atas garis khatulistiwa, harusnya tidak mungkin adanya salju di wilayah ini. Namun, hukum tersebut tidak berlaku di Puncak Jaya Wijaya, karena dinginnya salju selalu menyelimutinya. Meskipun tidak semua puncak gunung itu diselimuti salju.

Ada yang mengatakan jika melihat Puncak Jaya dari udara, maka akan tampak seperti brownies yang disiram dengan susu rasa vanilla. Sangat menggoda. Kilauan sinar matahari yang dipantulkan oleh salju, begitu mengagumkan. Namun hati-hati jika ingin mendakinya, karena di Puncak Jaya oksigen sangat sulit didapatkan. Selain itu, medannya juga terjal dan berbahaya. Tapi, sebagian orang mengatakan justru itu merupakan tracking yang sangat menantang.

Saya jadi teringat tentang kata-kata dari seorang motivator Indonesia, Ippho Santosa.

“Setinggi apapun gunung, jika kamu mendakinya maka ia akan berada ada di bawah kakimu.”

Saya setuju sekali. Kalau dari bawah, kelihatannya saja gunung itu tinggi banget. Tapi saat berani dan mau mulai mendakinya, maka Sahabat akan berada lebih tinggi dari gunung tersebut. Benar, kan? Begitu juga dengan impian. Tapi sayangnya, saya belum pernah mendaki gunung manapun. Hanya pernah sekali melintas di sebuah bukit kecil daerah Mojokerto waktu ikut acara lintas alam semasa SMA dulu. Saya lupa namanya. Nanti kalau ada umur dan sempat pulang ke rumah nenek, akan saya cari tahu namanya. Seingat saya, stikernya masih merekat di almari tua nenek saya he he he.

Suku Dani 

Sumber gambar: Pidipedia

Di zaman yang serba canggih dengan teknologi tinggi seperti saat ini, kalian masih bisa mendapatkan pengalaman langsung dengan penduduk setempat, Suku Dani, yang tergolong primitif. Bahkan, kesehariannya mempunyai kebiasaan seperti manusia di zaman batu.
Suku Dani pertama kali ditemukan tahun 1935, oleh tim penyidik yang bernama Richard asal Amerika Serikat. Kaum laki-laki Suku Dani ini dalam kehidupan sehari-harinya masih menggunakan koteka yaitu penutup kemaluan pria, yang terbuat dari kunden atau labu kuning. Sedangkan perempuannya menggunakan pakaian wah yang terbuat dari rumput atau serat.

Pada saat-saat pesta pernikahan, upacara kelahiran, atau merayakan kemenangan perang, Suku Dani akan melakukan tradisi pesta bakar batu sebagai wujud kerukunan. Mereka akan masak babi atau umbi-umbian dengan cara memasukkan ke dalam lubang yang sudah diberi batu dan dedaunan tanpa menggunakan korek api. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan dua batu, hingga menimbulkan panas yang akan ditangkap oleh daun-daun tersebut. Tentu saja, mereka memerlukan waktu beberapa jam sampai masakan matang dan dihidangkan kepada semua orang yang datang.

Kekayaan Alam Papua

Sumber Gambar: Merdeka.com

Tahukah Sahabat? Jika Indonesia merupakan negara penghasil emas terbesar nomor 2 di dunia, dan tambangnya ada di wilayah Papua. Kita mengenal nama perusahaannya adalah PT. Freeport Indonesia dengan lokasi penambangan di daerah Tembagapura kabupaten Mimika. Emas di Indonesia sangat terkenal mempunyai kualitas yang bagus dan pengelolaannya yang indah. Kini 51% saham Freeport dimiliki oleh Indonesia.

Raja Ampat – Wisata Alam di Papua

Sumber gambar: indonesiad.com

Tidak hanya berhenti disitu, Papua mempunyai tempat wisata yang sangat indah. Raja Ampat. Merupakan empat rangkaian gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Layaknya surga, pemandangan alam yang ada di Raja Ampat ini akan membuai mata, terutama bagi penyelam di seluruh dunia. Raja Ampat adalah rumah bagi semua spesies karang yang terkenal di dunia.

Dasar laut dipenuhi dengan karang berwarna dan begitu banyak ikan warna warni. Sahabat bisa dengan mudah berpindah dari pulau satu ke pulau lain mengunakan perahu hanya dalam hitungan menit. Keanekaragaman laut dan berbagai karang mengelilingi setiap wilayahnya.

Itulah Papua, sebuah provinsi terluas di Indonesia yang memiliki luas wilayah 808.105km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia. Papua keren, ya?

 

Follow My Social Media

17 Comments

  1. Ai

    Pengen kesana tapi mesti belajar diving dulu biar bisa nyelam di Raja Ampat

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Terus perginya bareng PAS JA, ya? Biar makin seru dan rame.

      Reply
  2. Ika Yudaningrum

    Keren ya pemandangan raja Ampat kesan romantis pun sangat erat..

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Banget. Surga dunia itu, surganya Indonesia.

      Reply
  3. Dian Restu Agustina

    Raja Ampat…impian saya banget nih, Mbak!
    Memang begitu banyak surga di Papua ya..Tempat yang indah dan memesona:)

    Reply
  4. Wiwid Vidiannarti (Post author)

    Semoga dimudahkan buat pergi ke Raja Ampat, yo, mbak. Terus perginya rame-rame bareng kita hihihi. Amin.

    Reply
  5. Amerinny

    Masha Allah Keren raja Ampat, pengen ke Sana, nabung dulu. Banyak tempat bagus.

    Reply
  6. HeNee

    Indonesia itu kaya dan indah-indah ya mba. Wisata impian tuh Raja Ampat. Tapi sayang Tiketnya super mahal huhuhu…

    Reply
  7. Bety Kristianto

    Mutiara hitam dari timur, luar biasa kaya dan indahnya. Terus berjaya, Papua!

    Reply
  8. Qoty Intan Zulnida

    Pengen banget deh ke Raja Ampat. surganya maritim, yaa disana. Semoga suatu saat bisa terwujud.

    Reply
  9. Sulistyowati

    Memang keren banget Papua itu. Alamnya baguuus. sayang tempatnya jauh dan sarana transportasi masih susah ya di sana

    Reply
  10. Dina

    Indonesia sungguh kaya dengan budaya dan kekayaan alam. Sangat sayang jika tidak dmanfaatkan secara benar untuk kesejahteraan rakyat setempat juga negara.

    Reply
  11. steffifauziah

    Kereeeen. Papua keren banget. Dari dulu ngidam mau kesana hiks. Tapi gak pernah sempet huhu. Semoga ada waktu lain kali hihi. Makasih mba sharingnyaaa

    Reply
  12. erny Kusumawaty

    Papua itu sumber daya alamnya, budaya dan destinasi yang menarik. Raja Ampat misalnya kesohor kecantikan alamnya. Pengen tp kudu nabung dulu…thx mb dpt gmbaran ttg Papua…

    Reply
  13. Emmy Herlina

    Indah sekali yaa. Indonesia memang menyimpan Keindahan alam dari sabang hingga merauke. Ah, jadi pengen halan-halaaannnn

    Reply
  14. Eni rahayu

    Keren banget donk. Sayangnya jauh banget kalau harus ke Papua. Hehe

    Reply
  15. sintarentcar

    salah satu tempat yg ingin dikunjungi nih.. karena mempunyai view yang keren 😀

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.