Tips Menghadapi Kasus Kabut Asap

Prihatin sekali, ya, dengan kabut asap yang menimpa kota Jambi beberapa pekan terakhir ini. Bahkan menurut Kabag Humas Pemkot Jambi tanggal 17 September 2019 kemarin, parameter PM 2.5 nilai 862 merupakan flutuasi di atas baku mutu udara dalam kategori berbahaya.

Selain mengganggu penglihatan warga yang sedang berkendara, kabut asap pekat yang mengepung Kabupaten Muarojambil Kota Jambi ini juga pastinya sangat mengganggu kesehatan mereka. Sesak napas mulai dialami warga akibat kebakaran hutan tersebut.

Partikel sekecil itu gampang sekali masuk ke dalam tubuh dan bisa dengan mudah menyerang paru-paru. Nah, untuk menghadapi kasus kabut asap seperti yang sedang terjadi di Jambi, simak tips berikut ini, yuk:

Selalu Gunakan Masker

Agar tidak terlalu banyak menghirup udara kotor dari kabut asap, sebaiknya selalu memakai masker. Langkah ini sedikit bisa membantu menghalangi debu dan polusi udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
Gunakan masker khusus yang memiliki tingkat proteksi tinggi terhadap partikel-partikel berukuran sangat kecil, yang bisa didapatkan di Apotek maupun rumah sakit

Banyak Minum Air Putih

Setidaknya setiap hari kita harus minum 8 gelas atau kurang lebih 2liter dalam sehari. Mengonsumsi cukup air putih akan sangat membantu membuang racun dari tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Mengurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Jika tidak memungkinkan untuk selalu beraktivitas di rumah, sebaiknya kita mengurangi melakukan kegiatan di luar ruangan. Saat berada di dalam rumah, tutup semua pintu dan jendela rapat-rapat. Selain itu, sebaiknya menyalakan pendingin udara. Karena pendingin udara (AC) biasanya bekerja dengan cara menyaring partikel udara yang menjaga tetap steril dan segar.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Dalam menghadapi kasus kabut asa yang sedang terjadi, sebaiknya kurangi mengonsumsi gorengan dan memperbanyak makan buah dan sayur. Karena buah kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah oksidasi di dalam tubuh akibat paparan zat-zat berbahaya yang terkandung pada kabut asap.
Adapun buah yang banyak mengandung antioksidan tinggi antara lain, strowberry, blueberry, rasberi, jeruk, bayam, dan wortel.

Secara Berkala Bersihkan Lantai dan Rumah dari Debu

Jangan menunggu kabut asap reda, secara berkala bersihkan lantai dan rumah dari debu yang menempel. Pastikan juga selama prosese membersihkan rumah, tetap menggunakan masker untuk melindungi dari partikel-partikel itu masuk melalui hidung.

Periksa ke Dokter

Menghadapi situasi kabut asap ini memang tidak mudah, bahkan beberapa kasus sampai memakan korban. Untuk itu, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh, dan jangan lupa meminta vitamin dan suplemen untuk menunjang kesehatan kalian guna mencegah komplikasi lebih lanjut.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghadapi kasus kabut asap yang sedang melanda di beberapa wilayah Indonesia tercinta ini. Ingatlah, perusahaan akan bertumbuh dengan baik jika memiliki tanggung jawab yang baik terhadap alam. Untuk itu, cintai alam maka alam akan mencintaimu.

Sumber gambar: tirto.id

Follow My Social Media

9 Comments

  1. Yenny fajriyah

    Bermanfaat banget ini mbak. Minimal mengurangi paparan asap ke tubuh. Semoga segera turun hujan disemua lokasi kebakaran

    Reply
  2. Juli Dwi Susanti

    Terimakasih mbak Wiwid alhamdulillah kita nggak seperti saudara kita tapi tetap hati-hati dan waspada ya mbak biar nggak kena ISPA dengan kondisi kemarau panjang gini

    Reply
  3. Mira Humaira

    Setuju banget sambil menunggu reda dan kabut asap teratasi alangkah baiknya memperhatikan hal-hal kecil untuk tetap bisa mempertahankan kondisi kesehatan

    Reply
  4. Dian Restu Agustina

    Tips yang bermanfaat, Mbak
    Aku belum pernah ngalami sih. Dulu pas tinggal di Sumut belum ada yang parah gini asapnya
    Semoga segera ada solusi untuk masalah ini

    Reply
  5. Dwi

    Meminimalisir paparan asap ya dan debu dgn meminimalisir aktivitas outdoor. Semoga Allah segera menurunkan hujan di sana.

    Reply
  6. Damar Aisyah

    Sedih akutuh baca chat teman-temanku yang terdampak asap ini. Semoga ya, kemarau segera berlalu. Amiin. Semoga hujan menyelesaikan masalah kabut ini. Dan, ya benar, sementara ini memang tindakan seperti dalam tips tersebut yang dilakukan temen2ku.

    Reply
  7. hani

    Sedih ya melihat daerah yang kena KarHutLa. Duh…semoga hujan turun merata nih di seluruh Indonesia. Walaupun engga kena asap, di daerah lain pun dilanda kekeringan.

    Reply
  8. Tatiek Purwanti

    Mantap tips-nya. InsyaAllah ini bermanfaat untuk saudara-saudara kita yg sedang diuji dengan kabut asap. Semoga masalahnya bisa segera selesai sampai ke akar-akarnya. Sudah cukup lama bencana seperti ini terulang lagi dan lagi, hiks.

    Reply
  9. Bety Kristianto

    Ikut prihatin sama kondisi temen-temen yang ada di daerah yang terpapar kanut asap ya mba. Semoga segera diturunkan hujan, dan musibah ini segera berlalu. Amin amin.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.