Tokoh Jawa Timur yang Terkenal

Memiliki wilayah terluas di pulau Jawa dengan penduduk terbanyak nomor dua setelah Jawa Barat, maka layak bagi Jawa Timur mempunyai beberapa tokoh masyarakat yang terkenal dan berpengaruh. Bahkan, 3 dari 7 kepala negara Republik Indonesia berasal dari Jawa Timur. Siapa saja dan apa kelebihan mereka? Simak, yuk!

Dr. Ir. H. Soekarno


Presiden pertama yang diangkat masyarakat Indonesia dengan masa jabatan pada periode 1945 – 1967. Lahir tanggal 6 Juni 1901 dan meninggal pada usia 69 tahun, tepatnya tanggal 21 Juni 1970 kemudian dimakamkan di Blitar.
Presiden Soekarno adalah proklamator kemerdekaan Republik Indonesia yang sangat terkenal jago diplomasi. Tidak hanya itu, pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, militer Indonesia memiliki salah satu kapal tercepat dan terbesar di dunia buatan Soviet. Bahkan Tentara Nasional Indonesia menjadi tentara yang sangat disegani dunia pada saat itu.

KH Abdurrahman Wahid

Mempunyai sapaan akrab Gus Dur, presiden ke-4 Republik Indonesia ini lahir di Jombang 7 September 1940. Namun, kepemimpinannya berakhir pada Sidang Istimewa MPR 23 Juli 2001 dan digantikan oleh Megawati Soekarno Putri. Gus Dur adalah sosok yang sangat kontroversial, baik di dalam maupun di luar negeri. Humor menjadi trade mark beliau dalam hubungan Indonesoa dengan luar negeri. Bahkan peneliti di barat pun mengkaji humornya.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, mengenang GUs Dur sebagai penegak Islam moderat dan pembela kalangan minoritas. Bahkan Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Rasak, mengatakan jika Gus Dur adalah seseorang dengan pemikiran yang lebih maju pada masanya.

Vijay Nambiar atas nama Sekjen PBB mengatakan bahwa Gus Dus menjadikan bangsa Indonesia dihormati seluruh dunia karena semangat demokratisnya. Beliau pernah membuat sejarah di Arab karena berhasil membebaskan TKI dari hukuman pancung.

Gus Dur meninggal tanggal  30 Desember 2009, dikenang sebagai negarawan dunia, pemimpin, dan promotor dialog antar-agama dan kebudayaan.

Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono

Lahir di Pacitan tanggal 9 September 1949, presiden ke-6 ini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia dalam 2 periode sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Merupakan presiden pertama di Indonesia yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia.

Atlet Peraih Medali Emas di Asian Games 2018

Sarah Tria Monita

Nah, yang terbaru adalah para atlet penyumbang emas di Asian Games 2018. Dari 31 peraih medali emas, 11 di antaranya adalah atlet Jawa Timur. Salah satunya adalah Sarah Tria Monita dari cabang pencak silat kelas 55-60kg.

Peraih medali emas Asian Games 2018 cabang pencak silat

Wanita kelahiran Kediri 31 Mei 1995 itu menjadi sorotan karena meraih medali emas di Asian Games 2018 bersama suaminya, Iqbal Candra Pratama yang sama-sama atlet pencak silat.

Nah, mereka adalah beberapa tokoh dari 39 juta lebih masyarakat Jawa Timur, yang terkenal di Indonesia. Ada satu lagi tokoh masa depan yang akan menyamai mereka di era yang akan datang. Siapa dia? Ya, kalian yang membaca artikel ini adalah calon tokoh tersebut. Yuk, berbuat lebih banyak lagi untuk Indonesia.

Sumber gambar: Wikipedia

Follow My Social Media

14 Comments

  1. Dian Restu Agustina

    Wah baru inegt saya kalau 3 diantara presiden Indonesia berasal dari Jawa Timur..
    Bisa ikut bangga nih saya hahahaa

    Reply
  2. Dhika

    Iya baru ngeh deh kalau 3 presiden RI dari Jawa Timur. Jawa Timur kereeen.

    Reply
  3. hani

    Wah iya. Baru ngeh…Tokoh dari Jawa Timur keren…
    Bangga dong Mbak sebagai warga Jawa Timur…

    Reply
  4. liesdiana yudiawati

    Hidup Jawa Timur! He … he… pdhl yg lahir di Jawa Timur ayahku. Tp bangga jg ya, Surabaya sebagai kota pahlawan

    Reply
  5. Dawiah

    Walaupun saya bukan orang Jawa Timur tetapi saya tetap bangga, karena Jawa Timur adalah bagian Indonesia juga hehehe… Daerah yang menghasilkan orang-orang hebat. Hidup Jawa Timur!

    Reply
  6. Damar Aisyah

    Bangga jadi orang Jawa Timur *busungkandada., hehehe. meskipun jawa Timur terkenal kasar, Tapi daerah inilah banyak dilahirkan pemangku jabatan di negeri ini. Semoga semakin banyak generasi yang mengikutinya.

    Reply
  7. Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Waw ternyata prestasi dari jawa timur banyak juga ya Mba. Kerennn

    Reply
  8. Bety Kristianto

    Wah aku tersanjung dibilang calon tokoh masa depan Indonesia euy. Diaminkan ya mbaaa doanya.

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Amiiin…

      Reply
  9. Amerinny

    Sungguh tokoh-tokoh ini kebanggaan Indonesia, semoga lebih banyak lagi generasi muda Yang mmbanggakan.

    Reply
  10. steffifauziah

    Wong Jawa Timur keren yes. Saya orang jawa tengah ya ikut bangga sama2 orang jawa. Hihi.

    Reply
  11. Anggraeni Septi

    Ikutan bangga sebagai wong jawa timur asli, MashaAllah. Semoga anakku kelak bs menorehkan sejarah sesuai minat dan bakatnya. Amin 🙂

    Reply
    1. Wiwid Vidiannarti (Post author)

      Amiiin… semoga nanti anak-anak kita semua, bisa lebih membanggakan dari tokoh-tokoh di atas, mbak.

      Reply
  12. meirida

    Pasti bangga jadi orang jawa timur ya mbak. Dari 3 presiden yg mbak sebutin tadi, Gus Dur adalah yg paling bikin aku salut. Kebijakanannya cenderung kontroversial di jamannya, tp setelah bbrp waktu berlalu terasa manfaatnya.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.