Tradisi NGABUBURIT Saat Ramadan Datang

Alhamdulillah masih diberi nikmat sehat dan panjang umur, kembali bisa menyambut bulan suci Ramadan tahun ini yang bertepatan pada tanggal 6 Mei 2019. Yeaaaaii … NGABUBURIT lagi #eh 😀

Sudah menyiapkan menu apa saja untuk sahur dan berbuka puasa di hari pertama ini, Mak? Bagi yang hobi masak,  biasanya malah sudah membuat daftar masakan selama satu bulan penuh. Saya termasuk yang gemar masak untuk menu utama sahur dan berbuka puasa, tapi untuk takjil dan camilan, lebih senang berburu saat NGABUBURIT.

ARTI NGABUBURIT

Dari tadi ngomongin NGABUBURIT. Apa, sih, NGABUBURIT itu? Jangan cari di KBBI, Mak. Barusan saya coba, ternyata nggak ada. Nggak tahu, nanti sore #SokDillan. 😀 Ternyata, Ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda. Eta terangkanlaaaah … Burit adalah waktu menjelang sore. Jadi Ngabuburit eta mah artinya saat menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang tiba berbuka puasa. 

Nah, kegiatan yang bisa kita lakukan saat NGABUBURIT banyak banget. Misalnya baca-baca artikel di satupena.com atau melakukan aktivitas seperti di bawah ini. Simak, Yuuuk!

Membereskan Rumah atau Kamar

Nggak cuma tingkah laku aja ya yang nggak beres 😀 Kamar atau bahkan rumah juga kadang-kadang bahkan sering kurang beres alias berantakan. Daripada manyun liat acara televisi yang nggak bermutu, mending dengerin musik sambil berbenah kamar. Perbarui sprei yang sudah dua pekan belum diganti. Rapikan tumpukan majalah yang mulai berantakan di meja tamu. Buang sampah dan masa lalu yang menyakitkan, jangan  lupa sapu serta mengepel lantainya sampai harum dan  kinclong. Lihat anaknya rajin gitu, dijamin  uang saku kalian bakal nambah dua ribu perak perhari. Alhamdulillah, lumayan.  (Ha? Jadi itu buat anaknya?) Ya, kan, emaknya sibuk masak wkwkwkw

Membuat Vlog

Punya hobi bikin atau ngedit  video? Manfaatin aja saat nyiapin menu berbuka untuk ngambil videonya. Masakan dapat, video dapat, follower nambah. Sekali lagi, Alhamdulillah.

Belajar

Walau kebanyakan saat bulan puasa tuh rata-rata banyak sekolah yang libur, tapi nggak ada salahnya buat tetap belajar. Biar makin disayang mama.

Mengadakan Garage Sale

Kalau otak bisnis mah, momen apa aja pasti pingin jualan. Manfaatkan garasi yang kosong buat dagangan di depan rumah. Baik baju muslim untuk menyambut lebaran, atau bisa juga sekadar jualan takjil

Membaca Buku atau Membaca Al-Qur’an

Setumpuk novel yang beli bulan lalu tapi belum sempat terjamah karena ~sok~ sibuk, ada baiknya segera dibaca sore pulang sekolah atau kerja, sambil menunggu beduk Maghrib terdengar. Atau biar pahala puasanya makin berlipat, baca Alquran dan terjemahannya. Syukur-syukur satu bulan bisa khatam beberapa kali. Aamiin.

Wisata Kuliner

Yuhyuuui, menjamurnya pedagang takjil di bulan Ramadan, menambah kenikmatan tersendiri bagi pemburu kuliner. Berbagai olahan yang jarang ada di hari-hari biasa, bakalan muncul ke permukaan bumi meramaikan suasana bulan puasa. Tapi ingat, belanja secukupnya. Ojo kalap, Mak. Mboten pareng. 

Nah, demikian pengertian dan kegiatan Ngabuburit. Sekarang mari kita tentukan, besok bakal Ngabuburit dimana dan ngapain aja?

Salam hangat penuh cinta dariku yang manis :*





#Day1
#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN

Follow My Social Media

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.