Yuk, Go Digital Bareng Gapura Digital

Selamat hari raya idulAdha, kak.
Dari kota Denpasar saya mengucapkan “Minal Aidhin Wal faizhin, mohon maaf lahir dan batin.” 🙏
Masih ada stok dagingnya, kak? Sambil nungguin bakar satenya mateng, boleh ya, saya bagi cerita tentang kegiatan kemarin?

Sabtu 10 Agustus 2019 kemarin, saya mengikuti kegiatan Gapura Digital yang diadakan oleh produk internet raksasa, yaitu Google. Acara berlangsung di hotel Grand Mirah Denpasar dari pukul 09:00-18:00 WITA. Dibatasi hanya 60 peserta saja yang bisa ikut di setiap acaranya. Alhamdulillah, beruntung saya dapat seat kali ini 😂

Ada yang belum tahu tentang Gapura Digital? Sungguh ter la lu … 😂 Saya jelasin dikit, ya. Gapura Digital adalah program pelatihan gratis yang diperuntukkan bagi pelaku UKM alias Usaha Kecil Menengah agar bisa memaksimalkan potensi pemasaran produk mereka melalui digital.

Lalu kenapa maksa ikut, bukankah saya hanya penulis pemula sekaligus karyawati biasa di pabrik perak? Alasannya karena tentu saja saya ingin memulai dan sudah mempunyai impian menjadi peng-Usaha Kecil Menengah tersebut. 😂 Mohon doanya, ya, kak… 🙏

Google Bisnisku untuk Bisnis Jasa

Dalam kegiatan Gapura Digital kali ini, ada tiga fasilitator dengan empat modul yang kami dapat.
Pertama adalah tentang Google Bisnisku untuk Bisnis Jasa. Wah, masih nyambung kan dengan saya pelaku jasa tulisan 😉
GMB alias Google My Bussiness atau Google Bisnisku adalah fitur gratis yang mudah digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk di Penelusuran dan Maps. Dengan memverifikasi dan mengedit informasi bisnis, kakak dapat membantu pelanggan menemukan dan menceritakan kisah bisnis kakak pada mereka. Seru apa seru banget?


Ada tiga alasan utama mengapa kita perlu dan harus menggunakan GMB, yaitu:

  1. Mudah ditemukan pelanggan karena bisnis jasa kakak akan tampil di halaman Google.
  2. Bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang mempunyai pertanyaan tentang layanan atau lokasi bisnis kakak.
  3. Mendapatkan pelanggan baru yang sedang mencari layanan serupa yang kakak berikan.
    Next, insyaallah akan saya ulas secara spesifik tentang si GMB alias Google Bisnisku ini di artikel lain, ya. InsyaAllah.

Konten Marketing dan Copy writing untuk Bisnis Anda

Fasilitator kedua adalah orang super kocak hari ini, Muhammad Agus Mahendradata _maaf kalau salah tulis 🙏 tapi nama bekennya di IG inget kok- itemdul, silakan difollow, ya. Kak @itemdul ini menyampaikan materi dari modul 5, yaitu Konten Marketing dan Copy writing untuk Bisnis Anda. Secara nih, ya, beliau adalah influencer dengan follower ratusan K. Amazing, broooo…. Jiaaaan muantul alias mantap betul, toh?
Sumpah, selain lucu dan seru abis, kak @itemdul ini juga nggak pelit ilmu juga ramah banget. Makasih sudah difollback, ya, kak. Maksa sih kemarin akutuuuh hahaha
Conten Marketing atau pemasaran konten adalah strategi pemasaran dimana kakak merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer. Singkatnya, sih, menggunakan konten untuk tujuan pemasaran.

Ada empat jenis konten marketing, yaitu:

  1. Foto-foto yang diunggah di media sosial.
  2. Artikel dan / atau ulasan yang di-posting di blog.
  3. Infografis yang mengedukasi Audiens
  4. Video unggahan di YouTube.
    Sepertinya, sih, nomor empat bakal jadi the best next conten Marketing.

Lain konten marketing, lain pula tentang copy writing. Definisi copy writing sendiri adalah konten yang disampaikan melalui media online dan materi yang dicetak dengan tujuan beriklan atau berpromosi, yang sering digunakan untuk menarik perhatian target market usaha kakak. Tujuan utamanya, ya, langsung jualan atau promosi merek dagang.

Jadi paham, ya, bedanya? Konten marketing untuk mengedukasi atau membantu audiens memahami serta membangkitkan minat terhadap merek dagang kakak. Sementara copy writing tujuannya untuk langsung menjual produk atau suatu merek.
Selain konten marketing, copy writing, kita juga mempelajari tentang conten writing, feeds, story telling, dan penggunaan hastag, lewat google trend untuk menaikkan follower secara organik dari vendor tetangga.

Full ilmu.

Cara Mengelola Keberadaan Anda Secara Online

Ok, masuk ke modul 7 yang disampaikan oleh fasilitator ketiga, yaitu bang Hendra. Kali ini bahasannya adalah tentang pengenalan serta penerapan mesin pencari dan SEO. Makin berat, ya, modulnya? 😂 Makanan apa pula itu SEO?
SEO alias Search Engine Optimazation adalah serangkain proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan volume trafik kunjungan melalui mesin penelusuran. Targetnya tentu saja tampil di halaman pertama dengan posisi paling atas mesin pencari Google. Ya, bisa dibilang agar web kakak tuh paling banyak dibaca orang. Terus endingnya kan adanya transaksi, toh?

Perlu kita tahu aja, bahwa pengguna internet di Indonesia itu mencapai 143juta, dengan 65% pengguna berada di Pulau Jawa. Sementara ada 4 milyar orang yang mencari informasi di Google Search setiap bulannya, dengan 62% pengguna internet mengakses online shop sementara 34% lainnya mengakses online bisnis. Keceee habiiis… Rugi banget kalau punya bisnis nggak dipromoin lewat internet, kan?

Sedangkan trafik bisnis onlien datang melalui Search Engine adalah 62% dari halaman pertama, 23% trafik memilih untuk mengganti kata kunci. Nah untuk itulah penting banget bagi para pelaku bisnis agar webnya bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian Google.

Caranya gimana? Silakan datang ke acara Gapura Digital minggu depan hahaha Maaf bercanda.

Bagaimana Membuat Website Tampil di Mesin Pencari?

Ada dua cara agar website bisa tampil dan muncul di mesin pencari, terutama di halaman satu alias page one Google.
1. Search Engine Optimization (SEO)
Lakukan optimasi pada website untuk mendapat hasil pencarian secara organik. Tapi untuk melakukan hal ini diperlukan secara konsisten, ya. Tidak mudah tapi bukan berati tidak bisa.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Nah, bagi yang banyak duit dan kurang telaten bikin konten SEO, kakak bisa memasang iklan pada mesin pencari. Jadi secara otomatis website kakak akan muncul pada hasil pencarian berbayar.

Balik lagi ngomongin SEO. Berikut adalah alasan pentingnya kita harus optimasikan website:
1. Menaikkan ranking website di mesin pencarian Google.
2. Mendapat lebih banyak trafik secara organik dari calon pengunjung.
3. Memperoleh trafik secara GRATIS.
4. Meningkatkan kesadaran merek bisnis atau usaha yang sedang kakak jalankan, serta meningkatkan kepercayaan yang lebih dari pelanggan.
5. Membantu mendapatkan calon pelanggan, sehingga bisnis akan lebih berkembang.

Keren banget kan acaranya? Nggak terasa sudah sampai pukul 18:00WITA, acara sudah harus berakhir. Gapura Digital ini dilaksanakan hampir setiap minggu dengan modul dan fasilitator yang berbeda. Saya berencana ikutan lagi jika diadakan pas hari Sabtu atau Minggu, biar nggak bolos kerja 😀

Selamat beraktivitas, kak. Semoga bermanfaat, yaaa

Follow My Social Media

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.